Singkap Peradaban-Peradaban Kuno yang Berakhir Secara Misterius

By Sysilia Tanhati, Kamis, 25 Juli 2024 | 16:00 WIB
Ada banyak kasus di mana seluruh peradaban menghilang begitu saja tanpa jejak. Peradaban tersebut meninggalkan sedikit harta benda untuk mengetahui apa yang terjadi pada mereka. (Gary Todd/CC0)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu subjek yang paling menarik untuk dipelajari sepanjang sejarah adalah muncul dan menghilangnya berbagai peradaban. Dalam beberapa kasus, kita memiliki pemahaman tentang evolusi dan kehancuran peradaban-peradaban ini.

Namun, ada peradaban-peradaban lain yang nasibnya tidak begitu jelas. Ada banyak kasus di mana seluruh peradaban menghilang begitu saja tanpa jejak. Peradaban tersebut meninggalkan sedikit harta benda untuk mengetahui apa yang terjadi pada mereka.

Jadi, apa yang telah kita pelajari tentang beberapa peradaban yang hilang ini dan apa makna dari semua itu? Kehancuran apa yang dialami peradaban-peradaban ini dan mengapa mereka lenyap sama sekali?

Berikut kisah tentang peradaban peradaban kuno yang tampaknya menghilang, dengan sedikit bukti mengenai penyebab sebenarnya.

Maya

Kekaisaran Maya pernah terletak di Meksiko, Guatemala, dan Belize modern. Pada saat itu, Maya adalah salah satu peradaban paling maju di Bumi.

“Mereka terkenal dengan kemampuan matematika, arsitektur, dan tekniknya,” tulis Lex Leigh di laman Ancient Origins.

Peradaban yang hilang ini berisi kota-kota besar, monumen, dan jalan raya. Juga teknologi yang membantu memajukan komunitas mereka yang sedang berkembang. Di antara piramida besar dan pertanian bertingkat, peradaban Maya mencapai beberapa prestasi yang mengesankan.

Maya kuno bisa dibilang salah satu pengamat langit terhebat. Sebagai ahli matematika ulung, mereka mencatat pengamatan sistematis terhadap pergerakan Matahari, planet, dan bintang. (Victor Casillas Romo/CC BY-SA 3.0)

Sayangnya, semua hal baik harus berakhir. Sekitar tahun 900 M, peradaban Maya mengalami kemunduran drastis. Hanya dalam beberapa dekade, populasinya telah dimusnahkan oleh kekuatan yang tampaknya misterius.

Para sejarawan berpendapat bahwa kemunduran peradaban ini mungkin disebabkan oleh perubahan iklim dan bencana alam yang signifikan. Selain itu, peperangan dan kelaparan yang sedang berlangsung di seluruh kota pun turut menjadi penyebabnya.

Baca Juga: 7 Peradaban Terbesar dalam Sejarah Dunia, Termasuk Yunani Kuno