Selisik Anthesteria, Festival untuk Menghormati Dewa Dionisos

By Sysilia Tanhati, Senin, 29 Juli 2024 | 18:00 WIB
Dionisos merupakan dewa anggur dalam mitologi Yunani. Salah satu festival yang diselenggarakan untuk menghormatinya adalah Anthesteria. (Finoskov/CC BY-SA 4.0)

Nationalgeographic.co.id—Anthesteria merayakan dua hal yang tampaknya berbeda: anggur dan orang mati. Dionisos dan Hermes Chthonios (Hermes dari Dunia Bawah) dari mitologi Yunani dirayakan sebagai bagian dari festival ini. Dalam banyak hal, Anthesteria mirip dengan Halloween di zaman modern.

Festival ini berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 11-13 bulan Anthesterion (akhir Februari hingga awal Maret menurut kalender Masehi). “Setiap hari diberi nama khusus,” tulis James Lloyd di laman World History Encyclopedia.  

Baik 'Anthesteria' maupun 'Anthesterion' berasal dari kata Yunani anthos (bunga), yang berhubungan dengan suasana musim semi. Perlu dicatat bahwa wanita, anak-anak, dan budak juga berpartisipasi dalam festival ini.

Anthesterion ke-11: Pithoigia

Nama hari ini berhubungan dengan peristiwanya dan secara harfiah berarti pembukaan pithoi (guci penyimpanan).

Pada hari ini, orang-orang berkumpul di Kuil Dionisos di Limnais, tetapi tidak memasuki kuil itu. Mereka membuka pithoi yang berisi anggur yang dibuat dari anggur musim gugur lalu. Anggur tersebut kemudian diminum.

Antheseterion ke-12: Choes

Choes adalah hari utama Anthesteria. Nama hari kedua mengacu pada bentuk wadah tempat anggur diminum, chous. Pada hari ini, seluruh kota minum anggur di pesta-pesta pribadi. Bahkan ada kompetisi minum yang diawasi oleh Archon Basileus.

Aristophanes mengingat kata-kata pembuka kontes ini:

“Dengarlah, orang-orang! Sesuai dengan adat leluhur kita, minumlah chous saat terompet berbunyi! Dan orang yang menenggaknya terlebih dahulu akan mengambil kantong anggurnya sendiri…” Aristophanes, Acharnians, 1000-1002.

Kontes ini bukan hal yang mudah, karena satu chous dapat menampung sekitar 3 liter anggur.

Baca Juga: Mengapa Dewi Nyx dalam Mitologi Yunani Sangat Ditakuti oleh Zeus?