Singkap Penemuan Penting yang Berasal dari Peradaban Mesopotamia

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 3 Agustus 2024 | 10:00 WIB
Dari roda hingga perahu layar, bangsa Mesopotamia berjasa atas banyak penemuan yang masih digunakan hingga saat ini. Singkap penemuan paling mengejutkan dari peradaban kuno ini. (Michel wal/CC BY-SA 3.0)

Nationalgeographic.co.idPeradaban Mesopotamia kuno terletak di Fertile Crescent atau Bulan Sabit Subur, tempat Irak, Kuwait, Turki, dan Suriah sekarang berada. Wilayah ini pertama kali dihuni oleh manusia selama era Paleolitikum.

Dalam waktu ribuan tahun menjadi rumah bagi beberapa peradaban dan kota formal pertama di dunia yang dibentuk oleh orang Sumeria. “Orang Sumeria menguasai sebagian besar wilayah tersebut,” tulis Mia Forbes di laman The Collector.

Kemudian, peradaban tersebut membuka jalan bagi serangkaian penguasa dan kekaisaran, beberapa lebih terkenal daripada yang lain. Termasuk Gilgamesh, Sargon, dan orang-orang Akkadia, Babilonia, dan Asyur.

Selama masa ini, Mesopotamia menjadi hasil karya seni, sastra, agama, dan banyak kegiatan ilmiah atau budaya yang luar biasa.

Berikut sepuluh penemuan Mesopotamia paling signifikan dan paling mengejutkan yang muncul dari budaya kuno mereka.

1. Batu bata

Orang-orang Mesopotamia adalah orang-orang pertama yang memproduksi batu bata secara massal. Hal ini memungkinkan mereka membangun peradaban terbesar yang pernah ada di dunia.

Contoh paling awal dari penemuan Mesopotamia ini berasal dari milenium ketujuh SM. Saat itu masyarakat membentuk bangunan dari balok-balok tanah liat. Balok itu dibentuk dengan tangan dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Orang-orang Mesopotamia adalah orang-orang pertama yang memproduksi batu bata secara massal. (Public Domain)

Balok-balok bangunan primitif ini terus digunakan selama ribuan tahun berikutnya, meski ukuran dan stabilitasnya masih terbatas.

Ribuan tahun kemudian, selama pertengahan milenium pertama SM, tungku (tanur) mulai digunakan. Tungku itu jadi sarana untuk memproduksi batu bata yang lebih kuat dan seragam secara massal.

Baca Juga: Mengapa Mesopotamia Disebut sebagai Tempat Lahirnya Peradaban?