Singkap Ruang Rahasia nan Mewah dan Misterius di Istana Versailles

By Sysilia Tanhati, Rabu, 7 Agustus 2024 | 14:00 WIB
Istana Versailles adalah salah satu bangunan paling megah dan bersejarah di dunia. Sejarahnya yang kaya dan menarik memikat pengunjung selama berabad-abad. (Marc Vassal/CC BY-SA 3.0)

Nationalgeographic.co.id—Istana Versailles adalah salah satu bangunan paling megah dan bersejarah di dunia. Istana yang menakjubkan ini dulunya adalah kediaman Raja dan Ratu Prancis. Sejarahnya yang kaya dan menarik memikat pengunjung selama berabad-abad.

Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak rahasia dan harta karun tersembunyi di dalam istana itu? Dari terowongan rahasia dan ruang tersembunyi hingga teater pribadi dan taman rahasia, Istana Versailles penuh dengan kejutan.

Berikut adalah fakta-fakta yang jarang diketahui tentang Istana Versailles.

Ada Lorong Rahasia

Dikenal sebagai “Lorong Rahasia” atau “Tangga Rahasia”, lorong ini terletak di Apartemen Besar Istana (Grand Apartment). Lorong ini digunakan oleh raja dan gundiknya untuk melarikan diri dari istana tanpa diketahui. Dibangun pada masa pemerintahan Louis XIV, lorong digunakan untuk menyelinap melewati para abdi dalem dan penjaga istana.

Konon, lorong itu berguna selama Revolusi Prancis dan digunakan untuk menyelundupkan orang keluar dari Istana Versailles.

Bukan rahasia lagi, lorong itu tersembunyi di balik pintu yang disamarkan sebagai rak buku. Pintu ini mengarah ke tangga sempit yang mengarah ke pintu keluar tersembunyi di taman istana. Lorong itu cukup sempit dan hanya bisa digunakan oleh segelintir orang dalam satu waktu.

Saat ini Lorong Rahasia dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi sebagai bagian dari tur berpemandu di istana. Karena popularitasnya dan sempitnya, akses ke lorong itu terbatas dan calon pengunjung harus memesan terlebih dahulu.

Ruang Rahasia: Secret du Roi

Ternyata, Raja-Raja Prancis gemar menggunakan ruangan rahasia. Bahkan Louis XV membangun ruang rahasia di Istana Versailles yang digunakan untuk menyelenggarakan pertemuan dan diskusi “terpisah”.

Dikenal sebagai Secret du Roi, ruangan itu terletak di sayap utara istana, dekat Apartemen Pribadi Raja. Dibangun pada pertengahan abad ke-18, Louis XV menggunakannya sebagai kantor pribadinya. Ruangan itu juga digunakan ketika Raja bertemu dengan penasihat terdekatnya.

Baca Juga: Mengapa Louis Antoine Menjadi Raja Tersingkat dalam Sejarah Dunia?