Sejarah Dunia: Lima Peradaban Manusia Zaman Kuno yang Mengubah Dunia

By Utomo Priyambodo, Kamis, 8 Agustus 2024 | 15:00 WIB
Peradaban Tiongkok pernah mengubah kehidupan dunia pada masanya dan terus memeranguhi kehidupan kita hingga saat ini. (Pixelflake, CC BY-SA 3.0/Wikimedia)

Nationalgeographic.co.id—Sejarah dunia mencatat ada banyak peradaban manusia zaman kuno yang mengubah dunia pada masanya dan bahkan terus memengaruhi kehidupan kita hingga saat ini. Peradaban-peradaban kuno itu antara lain adalah peradaban Mesopotamia, peradaban Lembah Indus, peradaban Romawi, peradaban Persisa, dan peradaban Yunani kuno.

Namun kali ini kita akan membahas lima peradaban kuno lainnya yang juga turut mengubah dunia pada zamannya dan memengaruhi kehidupan umat manusia hingga saat ini. Lima peradaban manusia itu juga tercatat dalam sejarah dunia. Berikut ini adalah rinciannya:

1. Peradaban Tiongkok

Konfusius adalah guru, filsuf, dan ahli teori politik paling terkenal sepanjang sejarah Kekaisaran Tiongkok. Ajaran dan warisannya terus memengaruhi sejarah dan peradaban Tiongkok. (National Palace Museum)

Han Tiongkok, yang terkadang disebut sebagai Tiongkok kuno, tidak diragukan lagi memiliki salah satu sejarah yang paling rumit.

Dinasti tertua Tiongkok berakar pada budaya Sungai Kuning, yang dianggap sebagai awal dari semua peradaban Tiongkok. Kaisar Kuning yang legendaris itu mengambil alih kekuasaan sekitar tahun 2700 SM, mengantar sejumlah dinasti yang kemudian memerintah Tiongkok daratan.

Berdasarkan catatan sejarah dunia kuno, sebagaimana dilansir Best Diplomats, Dinasti Xia menjadi yang pertama mendominasi seluruh Tiongkok pada tahun 2070 SM. Sejak saat itu hingga Revolusi Xinhai yang mengakhiri Dinasti Qing pada tahun 1912 M, sejumlah dinasti mempertahankan kekuasaan untuk jangka waktu yang berbeda-beda.

Lebih dari empat milenium peradaban Tiongkok kuno berakhir pada titik ini. Orang-orang Tiongkok telah menghasilkan sejumlah teknologi dan barang paling berharga di dunia, termasuk meriam, alkohol, kertas, percetakan, kompas, dan bubuk mesiu.

Tiongkok bersatu di bawah Kaisar Qin Shi Huang, dan pembangunan Tembok Besar Tiongkok dimulai. Pasukan Terakota, kumpulan besar prajurit dan kuda dari tanah liat seukuran manusia, adalah hal lain yang membuat Dinasti Qin terkenal.

Di antara dinasti Tiongkok paling awal yang diketahui adalah dinasti Xia dan Shang. Mereka menciptakan kerangka kerja untuk struktur pemerintahan dan norma budaya yang akan datang.

Konfusianisme dan Taoisme adalah dua sistem filsafat yang berasal dari Tiongkok kuno. Keduanya masih memengaruhi filsafat dan budaya Tiongkok kontemporer hingga saat ini.

2. Peradaban Maya