Selidik Pedang-Pedang Legendaris dari Mitologi Yunani hingga Jepang

By Sysilia Tanhati, Rabu, 21 Agustus 2024 | 17:00 WIB
Tokoh-tokoh dalam mitologi Yunani hingga Jepang membawa pedang legendaris. Pedang membantu mereka melakukan tindakan kepahlawanan. (Sebastiano Ricci/ Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Hampir setiap budaya memiliki kisah tentang pahlawan dan dewa yang telah bertempur dengan musuh yang tak terkalahkan. Mereka masing-masing memiliki senjata yang sesuai. Berikut adalah kumpulan beberapa pedang paling terkenal dari mitologi kuno dan legenda.

Gramr: pedang dari Saga Volsunga

Saga Volsunga dalam mitologi Islandia menceritakan tentang seorang prajurit bernama Sigmund. Di pesta pernikahan saudara perempuannya, Signy, Odin muncul seperti biasa dan menusukkan sebilah pedang, Gramr, ke pohon. Ia menyatakan bahwa siapa yang dapat mencabut bilah pedang itu tidak akan menemukan senjata yang lebih baik sepanjang hidupnya.

“Semua tamu mencoba dan gagal mencabut pedang itu, kecuali Sigmund,” tulis Michael Smathers di laman The Collector. Raja menginginkan pedang itu, tetapi Sigmund menolak untuk melepaskannya karena itu adalah hadiah dari Odin.

Sigmund menggunakan pedang itu dalam beberapa pertempuran hingga patah menjadi dua. Signy menyimpan dua potong pedang legendaris itu dan mewariskannya kepada putranya, Sigurd. Sigurd kemudian menjadi tokoh terkenal.

Seorang pandai besi atau prajurit kurcaci bernama Regin datang untuk tinggal bersama Sigurd untuk melatihnya. Selama waktu itu, Regin memberi tahu Sigurd tentang naga Fafnir. Regin pun memintanya untuk membunuh naga itu untuk mengambil harta karunnya. Sigurd menemukan Fafnir dan membunuhnya dengan satu tusukan.

Ada cerita lain tentang Gramr, tetapi ini adalah yang paling terkenal. Gramr telah digambarkan dengan berbagai cara. Dalam media kontemporer, biasanya digambarkan sebagai pedang besar. Gramr juga digambarkan sebagai senjata pendek seperti seax atau pedang lurus satu tangan.

Excalibur: pedang legendaris yang sangat terkenal

Arthur Pendragon, penguasa Inggris, dikatakan telah menghunus pedang legendaris ini dari batu dan landasan. Menurut legenda, banyak orang telah mencoba mencabut pedang itu dari batu namun tidak berhasil.

Karya Geoffrey dari Monmouth adalah sumber paling terkenal yang menjadi asal mula cerita modern tentang kisah Arthurian. Versi lain dari cerita tersebut menggambarkan Excalibur sebagai hadiah dari Lady of the Lake. Dan pedang di batu tersebut sebagai senjata lainnya.

Excalibur adalah pedang legendaris yang digunakan oleh Raja Arthur dalam mitologi Inggris. (N. C. Wyeth)

Baca Juga: Beragam Makna di Balik Kisah Kotak Pandora dalam Mitologi Yunani