Salah Kaprah Citra Wanita 'Mematikan' dalam Mitologi Yunani

By Sysilia Tanhati, Jumat, 23 Agustus 2024 | 12:00 WIB
Femme fatale atau wanita mematikan berakar dari mitologi Yunani. Beberapa wanita yang dianggap femme fatale kerap disalahartikan secara serius. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Femme fatale atau “wanita mematikan” adalah pola dasar karakter yang ditemukan di berbagai budaya dan mitologi. Pola yang ceritanya begitu melimpah dalam mitologi Yunani tersebut umumnya berkisah tentang seorang wanita yang cantik tapi mematikan.

Berikut adalah enam contoh dari banyak femme fatale yang dikisahkan dalam mitologi Yunani.

Medusa

Salah satu dari tiga gorgon, Medusa dapat mengubah manusia menjadi batu dengan menatap mata mereka. Ia digambarkan oleh Aeschylus sebagai “dengan rambut ular” dan menyimpan “kebencian yang mendalam terhadap manusia biasa”.

Namun, dalam penceritaan ulang mitos selanjutnya, ia digambarkan sebagai wanita cantik sekaligus mengerikan. Misalnya, dalam tulisannya pada tahun 490 SM, Pindar memberinya julukan “berpipi cerah”.

Seperti yang dinyatakan Ovid dalam Metamorphoses, Medusa adalah seorang gadis cantik hingga Neptunus (Poseidon) memerkosanya di kuil Minerva (Athena). Kemudian Minerva mengubahnya menjadi gorgon yang mengerikan sebagai hukuman atas penodaan kuilnya.

Salah satu dari tiga gorgon, Medusa dapat mengubah manusia menjadi batu dengan menatap mata mereka. (Wikimedia Commons)

Namun, mengingat latar belakang ini, tidak sulit untuk mengartikan Medusa sebagai korban, Poseidon dan Athena. Athena bahkan membantu Perseus memenggal kepala Medusa dengan memberinya perisai cermin. Perisai itu memungkinkannya untuk melihat Medusa tanpa memandang matanya secara langsung.

Pada saat kematiannya di tangan Perseus, Medusa sedang mengandung anak Poseidon. “Kuda bersayap Pegasus dan raksasa Chrysaor lahir dari tubuhnya yang telah mati,” tulis Catherine Dent di laman The Collector.

Helen dari Troya

Ia kadang-kadang dikenal sebagai Helen dari Argos atau Helen dari Sparta. Perang Troya-lah yang memastikan Helen dari Troya tetap terkenal.

Baca Juga: Selidik Pedang-Pedang Legendaris dari Mitologi Yunani hingga Jepang