Akhir September Ini, Bumi akan Mulai Punya Dua Bulan, dari Mana Asalnya?

By Ade S, Senin, 23 September 2024 | 18:03 WIB
Perubahan warna bulan yang tampak, disaring oleh atmosfer Bumi. Bumi akan kedatangan 'bulan' sementara! Asteroid kecil 2024 PT5 akan mengorbit Bumi selama dua bulan ke depan. Simak penjelasan lengkapnya di sini. (Jessie Eastland)

Nationalgeographic.co.id—Pernah membayangkan Bumi memiliki dua bulan? Bulan ini, kita akan menyaksikan fenomena langka itu! Sebuah asteroid kecil bernama 2024 PT5 akan menjadi "mini-bulan" sementara bagi planet kita. Bayangkan, kita akan punya teman baru di langit malam!

Berbeda dengan Bulan kita yang sudah setia menemani Bumi selama miliaran tahun, si "mini-bulan" ini hanya akan singgah sebentar. Para ilmuwan memperkirakan ia akan mengorbit Bumi selama sekitar dua bulan sebelum melanjutkan perjalanannya.

Penemuan menarik ini berkat ketelitian tim ilmuwan yang khusus mempelajari peristiwa-peristiwa langka seperti ini. Mereka mengamati asteroid 2024 PT5 dan menyadari bahwa asteroid ini akan tertangkap oleh gravitasi Bumi untuk sementara waktu.

Objek yang akan mengunjungi kita berasal dari sabuk asteroid Arjuna, sabuk asteroid sekunder yang terdiri dari batuan luar angkasa yang mengikuti orbit yang sangat mirip dengan Bumi pada jarak rata-rata sekitar 150 juta kilometer dari matahari

Hal tersebut disampaikan oleh Carlos de la Fuente Marcos, penulis utama penelitian dan profesor di Universidad Complutense de Madrid, kepada Space.com.

"Objek di sabuk asteroid Arjuna adalah bagian dari populasi objek dekat Bumi yang terdiri dari asteroid dan komet," ujar Marcos.

Bahkan, beberapa di antaranya bisa sangat dekat, hanya sekitar 4,5 juta kilometer! Dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi, sekitar 3.540 kilometer per jam, asteroid-asteroid ini kadang-kadang bisa tertangkap oleh gravitasi Bumi dan menjadi "bulan" sementara.

Jadi, bisa dibilang asteroid 2024 PT5 ini seperti seorang pengunjung yang mampir sebentar ke Bumi. Ia tidak akan tinggal lama, hanya sekitar dua bulan.

Marcos menggunakan analogi yang menarik: jika satelit permanen adalah pelanggan yang membeli barang di toko, maka asteroid seperti 2024 PT5 ini lebih seperti orang yang hanya melihat-lihat barang di jendela toko.

"Jika satelit sejati seperti pelanggan yang membeli barang di dalam toko, maka objek seperti 2024 PT5 seperti orang yang hanya melihat-lihat barang di jendela toko," jelas Marcos

Singkatnya, kita akan kedatangan tamu istimewa dari luar angkasa! Meskipun hanya singgah sebentar, kehadiran asteroid 2024 PT5 ini tentu saja menjadi fenomena yang menarik untuk diamati dan dipelajari oleh para ilmuwan.

Baca Juga: Peneliti Ingin Kirim Sel Spesies Terancam Punah ke Bulan, Persiapan Kiamat?