Spesies Hiu Pemakan Tumbuhan Ditemukan untuk Pertama Kalinya

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 6 September 2018 | 11:58 WIB
Hiu berkepala sekop ini ternyata pemakan tumbuhan. (wrangel/Getty Images/iStockphoto)

 

Nationalgeographic.co.id – Hiu adalah hewan pemakan daging paling populer di planet ini. Dan untuk waktu yang lama, para ilmuwan berpikir bahwa semua spesies laut ini adalah karnivor.

Namun, bagaimana pun juga, lautan menyimpan banyak kejutan. Kali ini, peneliti menemukan bahwa salah satu hiu ternyata hewan omnivor.

Sebuah studi terbaru mengungkap bahwa hiu berkepala sekop (bonnethead) sangat fleksibel. Maksudnya, ia dapat bertukar pola makan -- dari daging ke tumbuhan – dengan mudah.

Baca juga: Rubah Merah dan Siasat Cerdik Atasi Kelaparan Saat Musim Dingin

Sejak satu dekade lalu, diketahui bahwa hiu bonnethead mampu mengonsumsi lamun dalam jumlah banyak. Sekitar 62% makanan di perutnya adalah tumbuhan laut.

Namun, pada saat itu, peneliti mengira hiu tersebut memakannya tanpa sengaja saat menyisir perairan dangkal. Mereka tidak pernah berpikir bahwa Sphyrna tiburo itu benar-benar bisa mengonsumsi rumput.

Baru-baru ini, Samanta Leigh, ahli ekologi dan biologi dari University of California, meneliti kembali hiu berkepala sekop untuk mengetahui apakah ia omnivor sejati. Bersama timnya, Leigh menanam lamun dari Teluk Florida di laboratorium.

Para ilmuwan kemudian menyajikan makanan yang terdiri dari 90% lamun dan 10% cumi ke lima hiu bonnethead yang ada di laboratorium. Setelah tiga minggu, semua hiu pun menjadi gemuk.

Leigh menjalankan beberapa tes untuk melihat seberapa banyak tanaman yang sudah dicerna dan diekskresikan.

Mereka menemukan jejak bahan kimia yang tinggi dalam darah dan jaringan hati para hiu. Artinya, nutrisi dari lamun telah terserap dengan baik.

“Karnivor memiliki enzim pemecah serat dan karbohidrat yang rendah. Sebaliknya, hiu bonnethead justru punya enzim yang tinggi,” kata Leigh.

Baca juga: Mengenal Blenny, Ikan Jantan Yang Tega Memakan Anaknya Sendiri