Zat Berbahaya dari Plastik dan Kosmetik Ditemukan di Tubuh Lumba-lumba

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 10 September 2018 | 14:44 WIB
Lumba-lumba hidung botol. (NatureLovePhotography/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Lumba-lumba hidung botol di teluk Sarasota dikenal ramah dan ingin tahu. Mereka juga menarik perhatian para turis.

Namun sayangnya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa jenis lumba-lumba ini tidak dapat menghindari senyawa yang membahayakan kesehatan dan keberlangsungan hidup mereka.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal American Geophysical Union menemukan fakta bahwa ftalat, zat kimia aditif yang biasa ditemukan pada kebutuhan sehari-hari – seperti plastik, kosmetik, dan cat – juga terdapat di dalam tubuh lumba-lumba hidung botol.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Penyebab Tsunami Dahsyat yang Terjadi 3 Tahun Lalu

Sejak 2016 hingga 2017, para peneliti di College of Charleston dan Chicago Zoological Society telah mengumpulkan sampel urine dari 17 lumba-lumba di teluk Sarasota. Urine memungkinkan peneliti untuk melihat kandungan senyawanya, tiga hingga enam bulan setelah lumba-lumba melakukan kontak dengan zat tersebut.  

Hasilnya menunjukkan bahwa ftalat ditemukan pada 71% lumba-lumba yang diteliti.

“Sebenarnya, kami tidak terkejut saat menemukan paparan zat tersebut. Namun, yang membuat kaget adalah kadarnya,” kata Lesie Hart, pemimpin studi.

Beberapa lumba-lumba memiliki kadar ftalat yang konsentrasinya sebanding dengan yang terdeteksi pada manusia. Ini cukup mengejutkan mengingat manusia memang melakukan kontak lebih sering dengan zat tersebut (melalui plastik atau kosmetik).

Studi ini pun menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana lumba-lumba mungkin bersentuhan dengan ftalat dan bagaimana itu dapat berdampak bagi kesehatan

Paparan ftalat di lingkungan

Ftalat digunakan agar plastik dan vinil lebih lembut dan fleksibel. Ia tersebar luas pada barang kebutuhan sehari-hari.  

Sebuah studi tentang ftalat yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mengembangkan kanker dan berkaitan dengan gangguan reproduksi.