Susah Menahan Lapar? 5 Cara ini Dapat Membantu Menunda Lebih Lama

By Loretta Novelia Putri, Kamis, 20 September 2018 | 12:48 WIB
trik mengontrol rasa lapar (AndreyPopov/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Banyak orang menginginkan bentuk badan yang ideal. Salah satu cara yang kemudian sering dilakukan adalah dengan menurunkan berat badan. Terdengar gampang, tetapi masih banyak orang yang merasa susah melakukannya karena kesulitan menahan rasa lapar.

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa orang sering kali merasa mudah lapar, seperti kurang tidur, kurang minum air, stres, dan masalah kesehatan lainnya. Faktor-faktor ini kemudian mempersulit orang untuk menurunkan berat badannya.

Bila masalah kelebihan berat badan tidak diatasi, maka penderitanya akan lebih mudah untuk terkena penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Maka dari itu, kedisiplinan perlu ditingkatkan.

Berikut ini adalah trik yang bisa diterapkan untuk mengontrol rasa lapar

Baca Juga : Eksperimen Letusan Gunung Berapi Gagal, 59 Siswa di India Terluka

1. Membuat Perencanaan

membuat perencanaan (AndreyPopov/Getty Images/iStockphoto)
Dalam menurunkan berat badan, diperlukan perencanaan yang matang untuk menentukan target berat badan yang ideal. Target waktu juga menjadi hal yang penting.

Dengan perencanaan, maka kita akan terbantu dalam menentukan apa yang harus dilakukan setiap harinya. Mulai dari pengaturan menu makan, hingga target menu olahraga. Jangan lupa, tentukan kapan akan dimulai, dan kapan target tersebut akan tercapai.

2. Konsumsi Banyak Protein

mengonsumsi protein (a_namenko/Getty Images/iStockphoto)
Protein membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, maka dari itu protein bagus untuk menjaga tubuh tetap kenyang lebih lama.

Selain itu, protein juga dapat meningkatkan metabolisme dan dapat membantu membangun otot tanpa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Makanan kaya protein ini cocok untuk dikonsumsi, di antaranya adalah kacang-kacangan, tahu tempe, dada ayam, dan lainnya.

3. Jangan Melewatkan Sarapan