Jangan Abaikan Perubahan Warna Kuku Kaki, Pertanda Adanya Penyakit

By Loretta Novelia Putri, Senin, 15 Oktober 2018 | 10:27 WIB
kuku kaki berwarna ungu (Manuel Faba Ortega/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Perubahan pada warna kuku kaki seringkali menjadi hal yang sering kita lupakan. Terlebih bagi wanita yang gemar mengoles pewarna kuku. Padahal, hal ini bisa menjadi tanda atas kondisi kesehatan kita.

Dr. Dana Canysi, seorang ahli bedah podatrik mengatakan bahwa kuku sehat memiliki daging yang padat dan berwarna merah jambu. Selain itu, kuku yang sehat juga memiliki plat kuku yang tipis tetapi kuat.

Lantas bagaimana cara mengetahui kesehatan tubuh hanya berdasarkan warna kuku?

Baca Juga : Umur Berapa Ingatan Pertama Kita Berasal? Anda Mengingatnya?

1. Ungu

Jika kuku kaki berwarna ungu, bisa jadi hal ini disebabkan oleh hematoma subungual, atau memar di bawah dasar kuku.

"Pembuluh darah kecil mengalami pendarahan di bawah kuku, sehingga warna kuku lebih gelap," ucap Dr Miguel Cunha seorang ahli podiatrik dari New York.

Menurutnya, kondisi tersebut disebabkan oleh trauma pada kuku, seperti kejatuhan benda berat atau tersandung. Jika hal tersebut terjadi, hal pertama adalah tidak melakukan apa-apa dan cukup membiarkan kuku sehat untuk tumbuh kembali dan secara bertahap mengganti kuku yang gelap dengan sendirinya.

"Tapi ini bisa memakan waktu, hingga beberapa bulan. Karena kuku jari kaki hanya tumbuh satu milimeter per bulan," ucap Dr. Cunha.

Hal kedua, menurut Dr Cunha, adalah meminta dokter untuk mengangkat kuku tersebut. Namun, hal ini hanya jika diperlukan ketika kuku terasa sakit, yang terkadang terjadi karena tekanan darah yang terakumulasi di bawah lempeng kuku menjadi tidak normal dan berlebihan.

"Kuku ungu juga bisa menandakan masalah sirkulasi yang menyebabkan kuku menerima lebih sedikit oksigen daripada kebutuhannya," ucap Canuso.

2. Kuning atau Coklat