Hindari Delapan Hal Ini Agar Terhindar Dari Penyakit Diabetes

By Nesa Alicia, Senin, 29 Oktober 2018 | 09:39 WIB
(Kwangmoozaa)

Nationalgeographic.co.id - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Kadar gula darah yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Tipe diabetes ada dua. Tipe 1 disebabkan karena rusaknya pankreas dan biasanya terjadi pada usia anak-anak. Sementara tipe 2 disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. 

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, sekitar 1 dari 4 orang beresiko terkena diabetes. Kita dapat mencegahnya dengan menghindari delapan hal ini:

Baca Juga : Bagaimana Cara Seorang Vegetarian Memenuhi Kebutuhan Proteinnya?

Merokok

Menurut beberapa studi, merokok dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap insulin -- hormon yang membuat gula darah tetap normal.

Penggunaan obat-obatan rekreasional

The Global Diabetes Community mencatat, stimulasi obat-obatan rekreasional tertentu dapat meningkatkan gula darah. Bila dikonsumsi secara rutin maka akan membuat gula darah menjadi tinggi. Ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. 

Obat tertentu

Menurut GlobalRPH, steroid, obat antiADHD, antipsikotik dan beberapa obat asma dapat memicu peningkatan gula darah. Meski sering digunakan untuk keperluan kesehatan, tapi sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Stres kronis

Stress fisik yang berkepanjangan dapat meningkatkan kadar gula darah. Menurut Pusat Belajar Diabetes di University of San Fransisco, saat tubuh merespon stres, gula akan dilepaskan ke dalam darah agar energi  tubuh mencukupi. Adanya stres membuat gula darah lebih sulit untuk dikontrol.