Nationalgeographic.co.id - Daphne adalah dryad atau bidadari dalam mitologi Yunani yang memilih keheningan abadi daripada pelecehan seksual. Daphne mengubah dirinya menjadi pohon untuk menghindari nafsu seksual Dewa Apollo pada dirinya.
Kisah Daphne telah mengilhami penceritaan kembali yang tak terhitung jumlahnya dalam seni. Temanya bergema hingga saat ini.
Cerita rakyat dan mitologi Yunani kuno telah membentuk budaya populer, mulai dari film berbiaya besar hingga serial televisi dan novel.
Orang Eropa saat ini bahkan dapat menemukan saran tentang berpenampilan seperti dewi atau pahlawan Yunani di hari pernikahan. Mereka mengenakan gaun yang terinspirasi oleh Aphrodite dan Helen dari Troy.
Secara khusus, mitos transformasi telah menarik perhatian para seniman dan penulis. Mereka tertarik pada tantangan untuk menceritakan kembali kisah-kisah perubahan bentuk aneh antara manusia dan hewan atau tumbuhan.
Keadaan yang berubah-ubah seperti itu dapat menjelaskan pemahaman kita tentang identitas. Di antara banyak tokoh mitologi Yunani yang berubah melalui metamorfosis adalah bidadari atau dryad, Daphne.
Daphne adalah salah satu makhluk mitologi Yunani yang merawat pepohonan, mata air, dan elemen alam lainnya. Daphne adalah anak Peneus, dewa sungai Thessalia.
Kisahnya yang sangat sedih dan penuh kekerasan, ia diubah menjadi pohon untuk menghindari hasrat dewa Apollo.
Kisahnya memunculkan penjelasan kuno tentang penciptaan pohon laurier atau daun salam. Pohon ini yang dikenal sebagai “Daphne” oleh orang Yunani kuno.
Penderitaan Daphne terus membuat penasaran para seniman. Saat ini, interpretasi baru menemukan cara baru untuk membaca mitos yang berpengaruh dan banyak diperdebatkan ini, dengan tema kekerasan seksual dan otonomi tubuh.
Parthenius (Abad ke-1 SM-Abad ke-1 M) memberikan versi lengkap paling awal dari mitos Daphne dan Apollo. Sebagai seorang ahli tata bahasa, Parthenius mengumpulkan cerita-cerita dari teks-teks yang kini hilang dari kita.
Versi ceritanya dapat ditelusuri ke karya-karya sebelumnya yang berasal dari abad ke-3 SM, yang menunjukkan bahwa mitos tersebut bahkan lebih tua lagi.
Versi Parthenius dimulai dengan Leucippus, putra raja mitos Pisa yang jatuh cinta pada bidadari cantik. Daphne disukai oleh dewi Artemis, yang menganugerahkan kepadanya karunia menembakkan panah lurus.
Leucippus berencana menghabiskan waktu bersama Daphne dengan berpakaian seperti wanita dan bergabung dengannya saat berburu.
Namun hal ini membuat marah Apollo, yang juga menginginkan Daphne. Dia mendorong Daphne dan pemburu wanita lainnya untuk mandi di sungai terdekat.
Ketika Leucippus menolak bergabung dengan mereka, para wanita itu menelanjanginya, mengetahui tipu muslihatnya dan menikamnya dengan tombak mereka.
Dewa Apollo kemudian mengambil kesempatannya. Akan tetapi Daphne, melihat Apollo mendekatinya dan ia segera terbang.
Kemudian saat Zeus mengejarnya, dia memohon kepada Zeus agar dia dialihkan dari pandangan manusia, dan dia memilih menjadi pohon salam yang disebut daphne menurut namanya.
“Hancurkan sosok cantik ini”
Penyair Latin, Ovid (43 SM-17 M) menceritakan kembali kisah pelecehan seksual pada Daphne dalam Buku 1 syair epiknya tentang mitos transformasi, Metamorphoses.
Ovid menjelaskan bahwa keinginan Apollo disebabkan oleh Cupid, yang diremehkan oleh Apollo. Sebagai tanggapan, Cupid menembak dewa Apollo, menyebabkan dia merasakan gairah yang kuat pada Daphne.
Versi Ovid menggambarkan Daphne yang ketakutan melarikan diri dari pengejarnya dengan bahasa yang menggambarkannya sebagai kelinci yang diburu anjing greyhound.
Ketakutan Daphne akan ditangkap oleh Apollo saat dia mengejarnya dan dimunculkan dengan realisme yang mendalam. Transformasinya terjadi ketika dia tidak lagi memiliki kekuatan untuk berlari.
Karena kekuatannya sudah habis, dia menjadi pucat karena ketakutan. Karena panik dan tidak mampu lagi melarikan diri, ia menatap ke perairan Peneus sambil berharap.
Dia berseru: "Bawalah bantuan, ayah, jika airmu memiliki kekuatan dewa! Dengan mengubahnya, hancurkan sosok cantik yang telah membangkitkan terlalu banyak hasrat ini."
Ketika doanya hampir selesai, rasa kantuk yang berat menguasai anggota tubuhnya. Payudaranya yang lembut diikat oleh lapisan tipis kulit kayu, rambutnya tumbuh menjadi dedaunan, lengannya menjadi dahan.
Sementara kakinya, yang sekarang begitu gesit, berpegang teguh pada akar yang lamban, tunas muda melingkupi fitur wajahnya, hanya pancaran cahaya yang tersisa dalam dirinya.
Meski tanpa wujud manusia, Daphne tidak selamat dari nafsu Apollo. Setelah transformasinya, Apollo mengulurkan tangan untuk menyentuh batang pohon, yang menyusut darinya.
Di baris terakhir episode ini, Ovid mengungkap apa yang dilakukan Apollo dengan daun pohon ini. Mereka ditenun menjadi karangan bunga laurel dan ditempatkan di sekitar tempat anak panah dan kecapi.
Karangan bunga itu nantinya digunakan dalam ritual yang dilakukan untuk menghormatinya bidadari Daphne.
Meskipun Daphne diselamatkan dari serangan wujud manusianya, dia tetap diobjektifikasi secara paksa demi keinginan dewa Apollo.
Kehilangan diri
Sejak jaman dahulu, kisah Daphne telah diceritakan kembali berulang kali—dilukis, dipahat, dipentaskan, dan dianalisis.
Kita bisa memandangi Daphne dalam berbagai pose di museum dan galeri di seluruh Eropa. Galleria Borghese di Roma memamerkan Daphne karya Gian Lorenzo Bernini yang ditangkap oleh dewa Apollo dalam patung marmer bercahaya seukuran manusia.
Lukisan ini selesai pada tahun 1625 dan menggambarkan tekad Apollo yang kuat. Dewa Apollo masih memegang pinggang bidadari Daphne dengan satu tangan meskipun ia sedang dalam proses berubah menjadi pohon.
Meskipun wajahnya sangat damai, wajah Daphne mencerminkan ketakutan yang mendasari deskripsi Ovid.
Source | : | Greek Reporter |
Penulis | : | Ricky Jenihansen |
Editor | : | Warsono |
KOMENTAR