6 Kebiasaan Mudah ini Bantu Anda dalam Menurunkan Berat Badan

By Gregorius Bhisma Adinaya, Rabu, 19 Desember 2018 | 11:35 WIB
Penurunan berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara. (Rostislav_Sedlacek/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Topik mengenai penurunan berat badan rasanya menjadi topik pembicaraan yang tidak pernah ada habisnya. Berbagai cara tersebar di dunia maya, dari yang mudah hingga penuh perjuangan.

Sejauh ini ada dua pendekatan yang umum dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan, diet dan olahraga. Namun seringkali kedua cara ini berjalan dengan tidak optimal atau terhadang oleh beberapa kendala.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini adalah enam cara yang dipercaya dapat membantu Anda untuk sukses dalam proses penurunan berat badan.

Baca Juga : Menutup Lubang pada Jantung dan Organ Tubuh dengan Menggunakan Lem

1. Aroma peppermint

Aroma peppermint dapat membantu Anda mengendalikan rasa lapar. (marrakeshh/Getty Images/iStockphoto)

Indra penciuman memang berkaitan dengan otak. Bahkan beberapa aroma dapat membuat otak bereaksi untuk melakukan hal tertentu. Salah satunya adalah aroma peppermint yang dapat membuat otak mengurangi kadar lapar.

Dengan rutin mencium aroma peppermint, secara tidak langsung Anda akan membatasi jumlah kalori asupan. Tidak harus langsung melalui daun peppermint, Anda dapat menggunakan minyak aroma terapi sebagai sumber bau.

2. Bayar tunai

Sebuah penelitian yang unik mengungkapkan bahwa dengan membayar menggunakan uang tunai saat berbelanja, seseorang akan cenderung dan terdorong untuk memilih makanan sehat. Hal sebaliknya terjadi bila seseorang membayar pembelian dengan menggunakan kartu kredit.

3. Kurangi yang manis

Hal ini mungkin menjadi cara yang paling banyak dibicarakan. Dengan mengurangi asupan yang manis, berarti kita membatasi jumlah kalori dan gula yang masuk ke dalam tubuh.