Kisah Jelajahi Emas Putih yang Tersembunyi di Pucuk Ketinggian Turki

By Didi Kaspi Kasim, Selasa, 2 April 2019 | 19:26 WIB
Momen yang luar biasa luar biasa dari ketinggian saat melintasi punggung Gunung Uludag. (Didi Kasim/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Turki kerap muncul dalam daftar impian milik pelancong Indonesia sewaktu ingin berpergian ke luar negeri. Selain mengejar foto-foto yang instagrammable, wisatawan kita ingin merasakan budaya negeri yang ada di batas antara Eropa dan Asia.

Saat melancong ke Istanbul, pusat peradaban Turki, wisatawan kita mendokumentasikan perjalanan itu dengan berpose bersama di muka Hagia Sophia, bangunan bersejarah yang berubah menjadi museum.

Bukan karena jadi favorit wisatawan kita saja, Turki memang sudah sejak lama menjadi destinasi impian para pelancong mancanegara. Pertemuan dua peradaban yang membentuk kehidupan yang khas telah memikat para pendatang.

Baca Juga : Samsung 'Tantang' Pengguna Hasilkan Foto Jelek dengan Galaxy Note9

Lanskap di kawasan lindung saat menuju puncak Gunung Uludag di Turki. (Didi Kasim/National Geographic Indonesia)

Buat saya yang datang dari negeri katulistiwa, Turki jadi tempat yang cocok untuk merasakan dinginnya peralihan antara musim salju dan semi. Itu sebabnya, saya tak berpikir dua kali saat dapat ajakan menuju puncak Uludag, gunung dengan ketinggian sekitar 2.500 meter dari muka laut.

Uludag, yang punya arti Agung, memanjakan mata pelancong dengan lanksap kawasan lindung nan luas. Saya berada di puncaknya.

Baca Juga : Kisah Samsung Smart Camera NX1 dalam Keeksotisan Sang Ancala

Kemegahan panorama Uludag di Turki yang tertangkap fitur kamera mumpuni Samsung Galaxy S10 (Didi Kasim/National Geographic Indonesia)

Di penghujung Maret, Uludag mulai menunjukkan lelehan-lelehan salju di beberapa punggungannya, menandakan masuknya musim semi.

Untuk mencapai puncak Uludag, saya tak perlu menguras peluh. Saya cukup menumpangi Bursa Teleferik, kereta gantung yang membawa pelancong ke pucuk gunung sembari menawarkan panorama lanskap kawasan.

Baca Juga : Samsung Membuat Perangkat Pendeteksi Stroke