Perhatikan 5 Kesalahan yang Bisa Membatalkan Manfaat Olahraga Berikut

By Nathania Kinanti, Rabu, 10 April 2019 | 10:16 WIB
Beberapa hal ini sering menjadi kesalahan ketika berolahraga (lzf/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Menurunkan risiko penyakit, memiliki bentuk tubuh ideal, dan meningkatkan stamina adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari olahraga.

Namun, ada beberapa kesalahan yang kadang kita lakukan saat berolahraga. Dan itu akan memberikan dampak buruk setelahnya. Berikut lima hal yang harus diperhatikan:

1. Teknik yang salah

Ketika Anda memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan, penting juga untuk mengetahui teknik apa saja yang dibutuhkan. Teknik yang salah tidak hanya akan menghambat target Anda, tetapi juga meningkatkan risiko cedera.

Baca Juga : Inilah Alasan Menteri Susi Pudjiastuti Re-tweet Soal Sampah Plastik di Pantai Sendang Biru

2. Berolahraga secara berlebihan

Berolahraga memang membuat tubuh menjadi bugar, tetapi jika dilakukan secara berlebihan maka alih-alih sehat, tubuh Anda akan kelelahan.

Selain lelah, olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan cedera pada otot. Durasi olahraga yang ideal adalah 150-250 menit per minggu atau 20-35 menit per hari.

3. Tidak memerhatikan asupan nutrisi

Olahraga sudah teratur dan teknik pun sudah benar, tetapi target masih belum tercapai atau lambat? Hal ini bisa terjadi ketika makanan yang Anda konsumsi tidak bernutrisi, cobalah untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan dan sesuaikan dengan olahraga yang kita lakukan.

4. Kurang istirahat

Olahraga rutin juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk memberikan tubuh Anda waktu untuk beristirahat sejenak.