Yuk Kita Tahu, 4 Tanaman Obat Ini Sebaiknya Ada di Pekarangan Kita

By , Jumat, 12 April 2019 | 16:11 WIB
Etalase tanaman obat di kawasan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradis (Gloria Samantha)

Nationalgeographic.co.id - Siapa sih yang tak kenal dengan tanaman obat dalam khasanah pengobatan Indonesia? Sejak lama, leluhur kita telah mengenal proses penyembuhan dengan meracik obat yang dihasilkan dari ekstrak tanaman asli Indonesia.

Itu sebabnya, beragam tanaman yang dapat dijadikan obat tradisional amat mudah kita temukan di sekitar pekarangan rumah. Namun, sayangnya, dengan perkembangan kota yang pesat lahan atau teras semakin mengecil. bahkan, ada di antara kita yang tinggal di area apartemen yang jarang memanfaatkan pekarangan untuk tanaman tradisional.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menjelaskan kepada warga Indonesia mengenai empat jenis tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional.

Berikut empat jenis tanaman obat yang telah dikaji oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemenkes pada 2017.

Baca Juga : Ada 300 Jenis Tanaman Obat di Kota Jakarta

1. Lengkuas

Lengkuas (stylecraze.com)

Lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dijadikan alternatif obat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu dan kutu air.

Bagi penderita penyakit kulit, disarankan untuk memilih jenis lengkuas putih dan lengkuas merah yang diambil bagian rimpang (akar tinggal atau sisa serabut).