Paus Misterius dengan Tali Kekang Ditemukan, Senjata Rahasia Rusia?

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 30 April 2019 | 14:50 WIB
Paus dengan tali kekang di tubuhnya. (Jorgen Ree Wiig/Norwegian Directorate of Fisheries)

Nationalgeographic.co.id – Nelayan di Finnmark, Norwegia Timur, mendapat kejutan minggu lalu saat paus beluga jinak menghampiri kapal mereka.

Hewan tersebut dilengkapi dengan tali kekang yang menurut para ahli biasa digunakan untuk memasang senjata atau kamera. Ini menimbulkan dugaan bahwa paus beluga tersebut kemungkinan telah dilatih untuk keperluan militer di Rusia.

“Kami sedang membuat jaring ketika seekor paus berenang di sekitar perahu. Lalu kami melihat ada tali kekang di tubuhnya,” ungkap salah satu nelayan, Joar Hesten.

Baca Juga : Pasangan Ini Habiskan 20 Tahun untuk Menanam Kembali Pohon di Hutan yang Rusak

Hesten pertama kali melihat paus itu pada Kamis lalu. Namun, beberapa nelayan lain juga mengaku sempat melihatnya sebelumnya.

“Dia selalu mencari perahu dan manusia, seolah-olah ingin meminta bantuan untuk melepaskan tali kekang,” imbuh Hesten.

Direktorat Perikanan Norwegia saat ini sudah melepaskan tali kekang dari paus tersebut. Terdapat tulisan “Equipment of St. Petersburg” di bagian dalamnya.

Tali kekang di tubuh paus. (Jorgen Ree Wiig/Norwegian Directorate of Fisheries)

Lalu, benarkah paus jinak ini merupakan mata-mata rahasia? Atau adakah penjelasan lain terkait penampilannya yang cukup aneh? Hingga saat ini, asal usul paus tersebut belum diketahui. Namun, ada spekulasi yang menyatakan bahwa ia kabur dari Pangkalan Angkatan Laut Murmansk–pangkalan kapal selam nuklir Rusia yang tidak terlalu jauh dari perbatasan Norwegia-Rusia.

Cara paus ini mendekati kapal dan berinteraksi dengan manusia menunjukkan bahwa ia telah hidup sebagai tawanan dan kerap dilatih oleh manusia.

(Jorgen Ree Wiig/Norwegian Directorate of Fisheries)

Menurut The Guardian, selama ini, Rusia sudah melatih paus beluga untuk menjaga pangkalan mereka.