Apa Kata Sains Tentang Alasan Orang Melakukan Bom Bunuh Diri?

By , Selasa, 4 Juni 2019 | 12:26 WIB
Lokasi ledakan bom terjadi di pos polisi Tugu Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019). (KOMPAS.com/Labib Zamani)

Nationalgeographic.co.id - Pada Senin (3/6/2019) jelang tengah malam, publik kembali dikejutkan oleh kabar atas peristiwa teror. Dari Jawa Tengah, di tengah malam mudik, ledakan yang diduga bom bunuh diri terjadi di pos polisi Tugu Kartasura milik Polres Sukoharjo.

Seorang pria yang diduga pelaku bom bunuh diri mengalami luka parah di lokasi dan telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Selain pelaku, tidak ada korban lainnya.

Kejadian itu bukanlah yang pertama kali di Indonesia. Lantas, mengapa seseorang rela berkorban nyawa demi kelompok atau ideologi mereka? Apa yang mendorong mereka melakukan hal itu?

Baca Juga: Sejarah Kekerasan di Sri Lanka, Hubungannya dengan Aksi Pengeboman dan ISIS

Ledakan bom di Sri Lanka (Dynamite News)

Banyak orang berpendapat bahwa individu-individu ini melakukan tindakan ekstrem tersebut demi predikat sebagai pahlawan atau teroris. Namun di balik semua itu, ada proses psikologi yang disebut penyatuan jati diri dengan kelompok.

Harvey Whitehouse, peneliti dari Universitas Oxford, menjelaskan bahwa penyatuan jati diri berperan besar dalam mendorong seseorang untuk rela mati demi kelompok dan keyakinan agama mereka.

Perasaan itu muncul karena adanya pengalaman berbagi dalam setiap peristiwa dengan melibatkan emosi secara mendalam dan membentuk keinginan untuk hidup dan mati bersama, kata Bill Swann, psikolog sosial dari Universitas Texas yang pertama kali mencetuskan teori ini.

Penjelasan itu berbeda dengan teori-teori sebelumnya yang menjelaskan bahwa motivasi seseorang berperilaku ekstrem adalah identitas kolektif, permusuhan dengan lawan, kedekatan psikologis dengan kerabat, dan pengaruh gangguan mental.

Baca Juga: Fakta-fakta Terkait Ledakan Bom Sri Lanka, Korban Tewas Mencapai 207 Orang

Lokasi pemboman tempat suci Sufi di Data Darbar di Lahore, Pakistan. (RT)

Whitehouse dan timnya dari Centre for Anthropology and Mind melakukan penelitian terhadap sejumlah kelompok militan, seperti kelompok fundamentalis Islam, dan kelompok garis keras lainnya, seperti suporter bola, klub bela diri, milisi suku, dan kelompok sipil bersenjata.