Kisah dari Tijuana, Ketika Studio Foto Jalanan Menarik Perhatian Para Migran dan Pengungsi

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 4 Juli 2019 | 15:23 WIB
Hanya selembar kain dan sedikit properti, Alexia Webster mendirikan studio foto jalanan di Tijuana, Meksiko. (Alexia Webster)

Nationalgeographic.co.id – Latar fotonya sangat simpel: hanya selembar kain, sebuah kursi, dan beberapa bunga. Namun, pelanggannya justru yang lebih kompleks: yakni seorang ibu berkebangsaan Amerika yang mengajak anaknya mengunjungi ayah Meksiko mereka yang baru saja dideportasi.

Di depan latar tersebut, mereka berhenti melakukan segala aktivitas, duduk untuk difoto, kemudian menunggu selembar fotonya dicetak.

Di balik kamera, ada Alexia Webster. Ia merupakan fotografer asal Afrika Selatan yang kerap mendirikan ‘studio jalanan’ di beberapa negara di dunia.

Baca Juga: Instagramxiety, Rasa Cemas Melihat Unggahan Orang Lain di Instagram

Studio Transfronterizo yang didirikannya di Tijuana, Meksiko, memperlihatkan sekilas kehidupan di perbatasan paling sibuk di dunia. Setiap harinya, hampir 100 ribu orang–komuter, siswa, dan pengunjung–secara legal melintasi Tijuana menuju San Diego, California, dan San Ysidro.

Webster membangun studio pertamanya di dekat kafe di mana para pendatang kerap berhenti untuk mendapatkan nasihat hukum dan makan siang gratis.

Namun, selain itu, Webster juga mendirikan studio lainnya di beberapa titik di Tijuana. Di antaranya di tempat penampungan migran, pantai dekat perbatasan, serta Undocumented Café dekat Friendship Park.

Setelah foto ini diambil, migran asal Salvador, Blanca Flores dan suaminya, José Israel Mejía (kanan), diberikan suaka di AS. Sementara adik Mejia, Jaime (kiri) yang berusia 16 tahun, ditahan di AS dan dideportasi. (Alexia Webster)

Jesús González Tejada, pria kebangsaan Meksiko-Amerika, dan Rhonda Moore, seorang perawat Amerika, kini tinggal di Tijuana. (Alexia Webster)

Pejalan kaki yang tertarik dengan studio jalanan milik Webster biasanya sering mampir untuk mendapatkan sebuah potret. Salah satunya adalah Lourdes Santiago González yang berpose dengan anak perempuannya, Brenda.

Lourdes tiba di Meksiko beberapa dekade sebelumnya dengan keluarganya. Selama ini, ia berupaya menyebrangi perbatasan tapi selalu gagal sehingga terpaksa tetap tinggal di Tijuana.

Di setiap latar, barisan orang menunggu untuk difoto. Ada mantan anggota geng yang dideportasi dari California, peniru selebriti yang biasa tampil di klub malam, hingga para migran dari Honduras dan El Salvador yang sedang dalam perjalanan menuju Amerika Serikat.