Pantas Saja Pak Jokowi Sering Minum Jamu, Ini Loh Khasiatnya

By Mahmud Zulfikar, Rabu, 31 Juli 2019 | 10:46 WIB
ilustrasi jamu (IDN Times)

Nationalgeographic.co.id - Seiring berkembangnya zaman, teknik medispun berkembang dan semakin maju. Sehingga obat jamu tradisional nampaknya perlahan-lahan mulai ditinggalkan.

Tapi tidak bagi Pak Jokowi. Pria asal Solo ini sudah meminum jamu sejak 18 tahun yang lalu. Artinya, jauh-jauh hari sebelum ia menjadi orang nomor satu Indoneisia, sudah minum jamu.

Disamping pesatnya obat kesehatan, baik untuk pengobatan ataupun pencegahan, nampaknya jamu adalah obat herbal yang tak lekang oleh zaman.

Kita perlu banyak tau apa khasiat jamu warisan nenek moyang ini. Karena bagi kita milenial, jamu nampaknya minuman yang tidak kekinian.

Baca Juga: Mengapa Kita Terkadang Memimpikan Orang yang Sudah Meninggal?

Jangan salah, minuman yang katanya tidak kekinian ini perlu kita ketahui manfaat dan khasiatnya.

Melansir dari alodokter.com, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjabarkan bahwa yang dimaksud dengan obat tradisional adalah bahan atau ramuan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Berikut beberapa bahan rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

1. Kunyit

Kunyit ternyata bisa membantu kita memerangi kolesterol. Selain itu kunyit bisa membantu melancarkan peredaran darah sehingga bisa membantu kita menghilangkan pegal-pegal.

Kandungan kunyit bisa menjadi penawar racun untuk senyawa kimia yang mengendap dalam tubuh kita.

Baca Juga: Akibat Jamur Pembawa Penyakit Ini, Buah Pisang Terancam Punah