Jokowi Marahi "Orang-Orang Pintar" PLN, Plt Dirut PLN Malah Senyum-Senyum

By Mahmud Zulfikar, Selasa, 6 Agustus 2019 | 10:30 WIB
Presiden Joko Widodo ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kiri) dan Menteri ESDM Ignasius Jonan (kanan) melakukan rapat dengan petinggi PLN di kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019). Presiden mempertanyakan dan meminta klarifikasi manajemen PLN atas padamnya listrik secara total (SETO WARDHANA)

Nationalgeographic.co.id - Presiden Jokowi mengunjungi Kantor Pusat PT PLN Persero, Jakarta, Senin (5/8/2019) pagi guna mempertanyakan sebab insiden padamnya listrik disejumlah titik di Pulau Jawa.

Kunjungan kali itu Presiden ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Pertemuan itu bersifat terbuka karena teman-teman media bisa mendapat akses liputan langsung.

"Pagi hari ini saya datang langsung ke PLN. Yang pertama saya ingin mendengar langsung penyebab peristiwa pemadaman total minggu kemarin." Ucap Jokowi di kalimat pembukanya.

Baca Juga: Listrik Padam, Layanan Kereta Api Dilakukan Manual dari Boarding hingga Penjagaan Palang Pintu

”Dalam manajemen besar seperti PLN ini, menurut saya, mestinya ada tata kelola risiko-risiko yang dihadapi. Dengan manajemen besar tentu ada contingency planback up plan. Pertanyaan saya, kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik?" Tutur presiden dengan muka serius.

Dalam ruangan pertemuan itu terdapat beberapa pejabat PLN dan salah satu diantaranya Direktur Utama PT PLN Persero Sripeni Inten Cahyani.

Presiden menyinggung kejadian insiden pemadaman yang pernah terjadi 2002 silam, beliau juga sangat menyayangkan mengapa PLN tidak belajar dari kejadian tersebut sehingga tidak mempersiapkan langkah antisipatif.