Kebakaran Hutan dan Lahan, Harimau Sumatera Cemaskan Warga Sekitar Belantara

By Mahmud Zulfikar, Jumat, 16 Agustus 2019 | 13:41 WIB
Kamera tersembunyi menangkap gambar harimau sumatra saat sedang berburu di hutan Sumatra, Indonesia. (STEVE WINTER)

Nationalgeographic.co.id - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau yang berlangsung dalam rentang waktu Juli-Agustus membuat banyak pihak khawatir akan kepulan asap yang berimbas pada kehidupan warga.

Sejumlah warga dikabarkan sempat ada yang mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat asap yang semakin menebal.

Akibat musibah kebakaran ini, ternyata tidak hanya manusia yang terganggu. Satwa yang tinggal di hutanpun terusik kehidupannya.

Pada Senin (12/8/2019), Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, mendapatkan laporan mengenai ditemukannya jejak kaki harimau sumatera di Keluarahan Sungai Beringin Kabupaten Indragilir, Riau.

"Mendapatkan informasi, Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau langsung kita turunkan untuk memastikan apakah jejak tersebut merupakan jejak harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae)," jelas Haryono, mengutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Habitatnya Terancam, Harimau Benggala Rentan Alami Kepunahan

Petugaa Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan identifikasi terhadap temuan jejak satwa dilindungi di Kabupaten Indragiri Hilir ((Dok.BBKSDA Riau)(CITRA INDRIANI))

Tim BBKSDA turun ke lapangan bersama kepala RT dan sejumlah masyarakat melakukan identifikasi dan menggali informasi mengenai penemuan jejak-jejak kaki harimau sumatera.