Fenomena Penyakit Mental di Industri Hiburan, Apa Penyebabnya?

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:44 WIB
Ilustrasi bunuh diri. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id - Penyakit mental dan bunuh diri bukan hal baru di industri hiburan. Bahkan, beberapa selebritis memilih mengakhiri hidupnya akibat depresi yang mereka alami. Sebut saja Kurt Cobain, Robin Williams, Chester Bennington 'Linkin Park', Jonghyun 'SHINee', dan kini Sulli.

Pada 2015, Entertainment Assist, merilis sebuah penelitian yang mengungkap masalah kesehatan mental serius yang dialami para pekerja di industri hiburan di Australia. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa isu kesehatan mental dan bunuh diri di kalangan industri hiburan ini, jauh lebih menonjol dari populasi umum di Australia.

Apa penyebabnya?

Semangat dan komitmen mereka yang bekerja di dunia hiburan kadang tercemar oleh lingkungan yang kurang positif dan tidak suportif.

Beberapa partisipan penelitian yang terdiri dari para musisi, komposer, operator media dan pendukung pertunjukkan, mengaku mengalami perundungan, pelecehan seksual, seksisme dan rasisme di lingkungan kerja mereka.

Para partisipan kadang merasa mereka tidak didukung, diremehkan dan selalu dikritik.

Dianna Kenny, Profesor Psikologi dan Musik di University of Sydney, pada 2014, menyatakan, banyak musisi yang merasa dicekik, dikurung dan dikuasai, oleh atasan dan penggemar mereka sendiri. “Dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengakhiri hidup,” ujarnya.

Baca Juga: Empat Tanda Anda Meremehkan dan Merendahkan Penyakit Mental

Selain itu, Entertaintment Assist melaporkan, penyebab tingginya penyakit mental pada pekerja seni meliputi kecemasan tidak dapat menampilkan yang terbaik, perasaan tidak dimengerti oleh masyarakat luas, pekerjaan yang menumpuk, kekhawatiran akan karier yang meredup, upah yang tidak sebanding dengan rasa lelah, serta faktor keamanan.

Seperti yang kita tahu, mereka yang bekerja di industri hiburan kadang harus tampil hingga larut malam dan di akhir pekan. Bahkan, harus selalu siap di waktu-waktu yang tak terduga.

Kondisi ini menjadi salah satu ‘faktor risiko’ yang mempengaruhi pola tidur dan hubungan sosial mereka. Akibatnya, tingkat depresi, kecemasan dan masalah kesehatan mental lainnya, meningkat.

Penelitian ini mengaskan, risiko depresi pada pekerja di industri hiburan, lima kali lipat lebih tinggi dibanding warga Australia biasa. Tingkat kecemasan mereka pun lebih tinggi.