Musim Hujan, Konsumsi Makanan Berikut untuk Menangkal Penyakit

By National Geographic Indonesia, Jumat, 3 Januari 2020 | 11:43 WIB
Telur menjadi salah satu makanan yang dapat menangkal penyakit. (Amarita)

Nationalgeographic.co.id - Musim hujan telah tiba. Pergantian musim dapat menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, seperti batuk, pilek dan flu. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan sistem imun yang kuat untuk menghadangnya.

Seperti dikutip dari Tabloid Nakita, dengan mengonsumsi makanan ini, Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama musim hujan:

Nanas

Selain kaya akan vitamin C, buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A (Utah778/Thinkstock)

Mengonsumsi nanas setiap hari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Menurut penelitian yang dilakukan Philippine Women’s University School of Nutrition, memakan satu atau dua potong nanas sehari selama dua bulan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Nanas mengandung nutrisi yang meningkatkan produksi granusolit dalam tubuh. Granulosit merupakan jenis darah putih yang berfungsi untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Tidak Hanya Membangkitkan Selera, Inilah 6 Manfaat Sehat Makanan Pedas

Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu makanan yang mengandung probiotik. (Shutterstock)

Yogurt mengandung banyak manfaat untuk sistem pencernaan. Ia bisa menjadi teman yang baik saat Anda mengalami radang di perut.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Family Korea Medicine menemukan bahwa probiotik dalam yogurt membantu mencegah pilek dan flu.

Cabai rawit