Lukisan Van Gogh Dicuri Saat Museum Belanda Tutup Karena COVID-19

By Fikri Muhammad, Selasa, 31 Maret 2020 | 20:38 WIB
Lukisan Van Gogh Parsonage Garden at Neunen in Spring yang hilang. ()

Nationalgeographic.co.id - Lukisan Vincent van Gogh, Parsonage Garden at Neunen in Spring, dicuri darii Museum Singer Laren, Belanda. Diketahui bahwa museum ini ditutup sejak 12 Maret 2020 lalu, sejalan dengan langkah-langkah nasional untuk menghentikan penyebaran virus COVID-19.

Para pencuri menghancurkan pintu kaca depan museum sekitar pukul 15:15 pada Minggu pagi (29/03/2020). The Guardian menyatakan bahwa tak ada karya seni lain yang hilang dalam insiden tersebut. 

Alarm pencuri telah aktif saat pembobolan. Namun, mereka sudah melarikan diri saat polisi tiba di lokasi.  

Lukisan Van Gogh yang dicuri merupakan bagian dari pameran Mirror of the Soul. Itu merupakan pameran yang menampilkan 70 lukisan Belanda dari abad ke-19.

Baca Juga: Mengapa #DiRumahAja Bisa Membantu Menyelamatkan Nyawa Banyak Orang?

Selama konferensi pers yang disiarkan di Youtube, Jan Rudolph de Lorm, Direktur Museum Singer Laren menyatakan kekesalannya. Sebab, lukisan yang dipinjamkan oleh Museum Groninger itu hilang pada hari lahir Van Gogh 167 tahun yang lalu. 

"Ini adalah hal yang paling tidak Anda inginkan sebagai museum yang memiliki lukisan pinjaman. Sebuah lukisan yang indah dan mengharukan dari salah satu pelukis terhebat kami, dicuri dari komunitas ... Ini harus kembali secepat mungkin sehingga kami dapat menikmati dan dihibur oleh seni yang indah ini lagi. Seni layak dilihat dan dibagikan oleh kami, komunitas," ucap de Lorm dikutip dari laman The Guardian (30/03/2020).

Sementara itu, seorang Detektif Seni bernama Arthur Brandt mengatakan kepada surat kabar Algemeen Dagblad bahwa karya seni itu bernilai hingga 6 juta euro atau sekitar Rp108 miliar. 

Karya-karya van Gogh pada periode Neuen memang tak main-main harga jualnya. Baru-baru ini, karyanya yang lain terjual sekitar 10 juta euro di pelelangan Belanda. 

Sementara itu, Museum Groninger yang terletak Belanda Utara, menyampaikan bahwa lukisan yang hilang adalah satu-satunya koleksi lukisan Van Gogh milik mereka. 

“Kami sangat terkejut dengan berita ini. Investigasi saat ini sedang berjalan dan tidak ada lagi yang bisa dikatakan tentang itu karena terkait dengan penyelidikan polisi," ungkapnya.

Baca Juga: Inspirasi Mengerikan di Balik Lukisan Terbaik Pablo Picasso

Lukisan Parsonage Garden adalah salah satu dari serangkaian karya Van Gogh pada tahun 1883-1884, masa di mana ia tinggal di Neunen bersama ayahnya yang seorang Pendeta.

Di sisi lain, Manajer Umum Museum Singer Laren, Evert van Os, mengatakan bahwa langkah-langkah keamanan museum telah sesuai dengan protokol sepenuhnya.