Sering Merasa Lelah? Ini Cara Mudah Mendapatkan Kembali Energi Anda

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 27 Mei 2020 | 11:42 WIB
Stres membuat kita merasa kelelahan, mual, dan tidak nafsu makan. (fizkes/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Apakah Anda selalu merasa kelelahan?

Kelelahan merupakan keluhan umum yang sering disampaikan orang-orang paruh baya. Namun, anak muda pun ada juga yang merasa kelelahan setiap hari.

Untungnya, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menambah semangat. Berikut di antaranya:

Periksa kesehatan

Kelelahan merupakan gejala umum dari beberapa penyakit, termasuk diabetes, jantung, radang sendi, anemia, tiroid, dan gangguan tidur. Periksakan ke dokter jika Anda selalu merasa kelelahan.

Baca Juga: Studi: Yoga Membantu Mengatasi Stres Akibat Pandemi COVID-19

Beberapa pengobatan juga bisa menyebabkan kelelahan. Di antaranya, obat pengatur tekanan darah, antihistamin, diuretik, dan yang lainnya. Jika Anda mulai merasakan lelah setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut, bilang kepada dokter.

Olahraga

Mungkin Anda merasa lelah setelah berolahraga. Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik bisa meningkatkan level energi.

“Olahraga secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan semangat dan kualitas hidup,” kata Kerry J. Stewart, profesor kedokteran dan direktur fisiologi di John Hopkins University School of Medicine.

“Orang-orang yang aktif, memiliki percaya diri tinggi. Olahraga juga memperbaiki fungsi kerja jantung, paru-paru dan otot Anda. Itu seperti bahan bakar untuk kendaraan,” imbuhnya.

Yoga