Mengantuk di Siang Hari? Ini Cara Mengatasinya Tanpa Minum Kopi

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 10 Juni 2020 | 16:21 WIB
Ilustrasi mengantuk. (torwai/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Meskipun sudah tidur nyenyak, pekerjaan yang melelahkan atau rapat yang membuat stres, bisa menyerap semua energi kita. Mungkin itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang kelelahan dan mengantuk di siang hari, kemudian minum kopi untuk mencegahnya. 

Namun, menurut para ahli, ada beberapa cara yang bisa membuat kita terjaga tanpa perlu mengonsumsi kafein. Cara-cara ini pun mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Berikut di antaranya:

Mengalihkan pandangan dari layar komputer

Melihat ke satu titik–seperti layar komputer–dalam waktu yang lama, bisa ‘melukai’ mata kita dan sulit menjaganya tetap terbuka. Ini terjadi pada 95% penduduk Amerika yang berisiko mengalami sindrom penglihatan komputer–terutama pada mereka yang bekerja di kantor.

Baca Juga: WHO: Perlu Masker Kain Tiga Lapis untuk Menghalau Virus Corona

Semua waktu di depan layar itu menyebabkan iritasi, mata kering dan tegang, serta rabun. Selain itu juga dapat menimbulkan sakit di kepala, leher dan punggung.

Kita bisa mengurangi risikonya dengan membatasi menatap layar komputer, sering berkedip, memperbaiki posisi duduk, dan mengalihkan pandangan setiap 20 menit.

Mengonsumsi camilan sehat

Kacang Almond (Nisrina Darnila)

Kadar gula rendah bisa membuat kita tidak fokus dan lesu. Hal yang sama juga terjadi apabila kita mengonsumsi makanan terlalu banyak. Sebab, proses pencernaan membutuhkan energi.

Jika berusaha mencegah kantuk dengan makanan manis dan kafein, kita hanya merasa berenergi untuk sementara, tapi lesu setelahnya.

Mengonsumsi makanan dengan porsi kecil dan kaya nutrisi merupakan cara terbaik untuk mendapatkan manfaat alaminya. Sebuah studi menemukan fakta bahwa sarapan kaya serat menjaga tingkat konsentrasi. Juga membuat kita tetap berenergi.