Bentuk Persembahan, Pahatan Ilama Kuno Ditemukan di Danau Titicaca

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 12 Agustus 2020 | 09:50 WIB
Kotak dengan llama yang ditemukan di Danau Titicaca. (Teddy Sequin)

Nationalgeographic.co.id – Sebuah llama yang diukir dari cangkang spondylus dan foil emas berlapis silindris ditemukan dalam kotak batu berukir di dasar Danau Titicaca.

Menurut keterangan peneliti dari Penn State University dan Université libre de Bruxelles, pahatan llama tersebut merupakan bentuk persembahan yang dilakukan suku Inca di masa lalu.

“Kami tahu bahwa suku Inca kerap melakukan beberapa ritual persembahan dan itu dilakukan di danau,” kata Jose Capriles, asisten profesor antropologi dari Penn State University.

Baca Juga: Bukti Ritual Pengorbanan Manusia Ditemukan di Kota Kuno Shimao

Danau Titicaca berlokasi di Andes, antara Bolivia dan Peru. Ia merupakan danau terbesar di Amerika Selatan dan situs penting bagi banyak budaya, termasuk Tiwanaku dan Inca.

Capriles dan Christophe Delaere, rekannya dari Université libre de Bruxelles, melaporkan penemuan mereka pada Antiquity.

“Sejak 2012, Université libre de Bruxelles telah melaksanakan program penelitian dengan tujuan menemukan dan menginventarisasi warisan bawah air Danau Titicaca,” papar Delaere.

“Tim kami telah secara sistematis melakukan survei di sekitar pulau dan terumbu karang di sekitar Danau Titicaca," imbuhnya.

Para penyelam berhasil mengambil kotak tersebut dengan utuh—hanya ada sedikit bagian yang terkikis. Kotak berisi llama itu tertutup rapat tapi tidak kedap air. Hasil penemuan ini menunjukkan kepada para peneliti bahwa Danau Titicaca benar-benar pernah menjadi tempat ritual dan upacara suku Inca.

"Dunia bawah laut sebagian besar masih belum dijelajahi dan menawarkan peluang luar biasa untuk memahami masyarakat prasejarah," kata Delaere.

"Warisan bawah air Danau Titicaca memiliki banyak kejutan untuk diungkapkan," ungkapnya.

Baca Juga: Homo Erectus Bumiayu, Temuan Arkeologi Manusia Purba Tertua di Jawa