Deretan Destinasi untuk Menikmati Petualangan Luar Biasa di Indonesia

By Fathia Yasmine, Senin, 30 November 2020 | 21:34 WIB
Taman Nasional Gunung Leuseur dihuni oleh gajah-gajah sumatera yang hidup dengan sentosa. ()

Nationalgeographic.id – Berpetualang seringkali diasosiasikan dengan penjelajahan ke destinasi-destinasi alam terbuka yang jauh dan tak terduga.

Tak jarang pikiran melayang ke destinasi di negeri orang. Misalnya saja, Selandia Baru yang terkenal dengan pemandangan alam tiada tara atau negara-negara Asia Timur yang punya kekayaan budaya. Padahal sederet destinasi untuk menikmati petualangan sesuai minat pribadi pun tersedia bagi pejalan.

Destinasi-destinasi tersebut dapat ditemukan dari Sabang sampai Merauke. Berikut deretan destinasi untuk pejalan yang ingin melakukan petualangan #DiIndonesiaAja. National Geographic Indonesia merangkumnya berdasarkan minat khusus pejalan.

Ekowisata Tangkahan dan Ujung Kulon

Pernahkah pejalan mendengar soal ekowisata di Tangkahan? Destinasi ekowisata ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuseur yang berlokasi di Pulau Sumatera. Tepatnya, di antara dua desa yaitu Sei Serdang dan Namo Sialang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Baca Juga: Rencanakan Liburan Lebih Bermakna, Kunjungi 4 Destinasi Ekowisata di Bali Ini

Tangkahan seringkali disebut sebagai Surga Tersembunyi di Pulau Sumatera. Tak heran julukan tersebut melekat pada ekowisata Tangkahan, sebab di sinilah satwa dan flora hidup lestari dengan penuh harmoni.

Berkunjungan ke Tangkahan, pejalan akan menemukan hutan yang masih perawan. Hutan menjadi rumah bagi berbagai macam pohon dan vegetasi tropis. Tak hanya itu, tumbuhan langka seperti Rafflesia arnoldi dapat ditemui di sini.

Berkunjung ke ekowisata Tangkahan, pejalan dapat menjelajah sambil menunggang gajah. Ya, Taman Nasional Gunung Leuseur juga dihuni oleh gajah-gajah sumatera yang hidup dengan sentosa. Kemudian, pejalan dapat menyusuri jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Alas.

Sungai tersebut juga menjadi atraksi bagi pejalan yang gemar memacu adrenalin. Mencoba arung jeram di sungai tersebut, tidak ada salahnya. Pejalan juga dapat mempelajari beragam flora khas hutan tropis sambil berkemah.

Baca Juga: Menjelajah di Labuan Bajo dan Pulau Komodo, Surga Sang Naga Purba

Desa Sibetan dan Kebun Raya Eka Karya