Mengapa Kita Harus Berbagi Makanan dengan Hewan Selama Berabad-Abad?

By Fikri Muhammad, Kamis, 20 Mei 2021 | 17:00 WIB
Sepanjang sejarah dan budaya terkadang manusia memberi makan hewan dengan setiap cara tanpa alasan yang jelas. (GUY BILLOUT)

Nationalgeographic.co.id—Manusia memberi makan hewan sepanjang waktu, apakah itu hewan peliharaan seperti ayam yang akan kita makan, atau bebek di kolam taman.

Sepanjang sejarah di banyak budaya, terkadang tanpa alasan yang jelas, manusia telah memberi makan hewan dengan cara apapun. Beberapa peneliti berpikir bahwa keinginan untuk memberikan makan kepada hewan dapat mendorong domestikasi keinginan manusia untuk memakannya.

Sisa kebiasaan berburu di Zaman Batu mungkin telah mendorong domestikasi anjing. Beberapa dari kita memburu burung nasar, namun bermasalah saat burung menghilang. Kita memberi makan kucing jinak dan liar, hiu, aligator, rusa, landak, beruang, merpati, bebek, angsa, hewan kebun binatang, hewan laboratorium, hewan peliharaan, hewan ternak, dan banyak lagi.

Sekelompok peneliti di Inggris bertanya: Dari mana datangnya keinginan untuk memberi makan hewan, dan apa maknanya bagi hewan, manusia, dan lingkungan bersama mereka?