Sedap! Santapan Favorit Diktator Dunia, Ada yang Aneh dan Sederhana

By Fikri Muhammad, Kamis, 5 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Santapan favorit Pol Pot adalah ular kobra. (Business Insider Malaysia)

Nationalgeographic.co.id—Dari ular kobra hingga semangkuk salad bawang putih mentah yang dicincang, selera para diktator paling terkenal di dunia itu aneh dan terkadang sederhana.

Sebuah buku berjudul Dictators' Dinners: A Bad Taste Guide to Entertaining Tyrants membahas makanan dari para diktator berdasarkan rincian yang dikumpulkan dari catatan dan tulisan pembantu rumah tangga, koki, dan orang-orang terdekat mereka.

Buku ini menampilkan Stalin dan kegemaran hidangan yang dimasak oleh kokinya (kakek Vladimir Putin) dan perut kembung Gaddafi yang disebabkan oleh susu unta. Berikut hidangan favorit mereka:

Benitto Mussolini 

Menurut Mussolini, hidangan bawang putih baik untuk jantungnya. (WIKIMEDIA)

Hidangan favorit diktator Italia itu adalah salad sederhana dari bawang putih cincang, dibalut dengan minyak dan lemon. Menurut Mussolini, hidangan itu baik untuk jantungnya.

"Dia biasa makan semangkuk penuh," istrinya Rachele pernah bercerita pada juru masak keluarga, "Aku tidak bisa mendekatinya setelah itu."

"Pada malam hari saya akan meninggalkanya untuk tidur sendirian di kamar kami dan berlindung di salah satu kamar anak-anak."

Mussolini juga menyukai sepotong daging sapi muda, direndam dalam berbagai ramuan, termasuk tanaman marjoram dari kebun. Ia menyantapnya bersama istri dan lima anaknya saat makan keluarga, tempat mereka berdiskusi dan melayangkan opini. Ditutup dengan hidangan ciambellone (kue berbentuk cincin) yang lezat.

Baca Juga: Munculnya Mafia Italia Abad ke-19 Dipicu Permintaan Oleh Lemon