Sains Mengonfirmasi Teori Plato Bahwa Bumi Berasal dari Bentuk Kubus

By Fadhil Ramadhan, Minggu, 8 Agustus 2021 | 16:00 WIB
Plato mengatakan bahwa bumi berasal dari bentuk kubus. Sains pun membuktikannya. (Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Filsuf Plato mengatakan bahwa bumi berasal dari sebuah bentuk kubus. Kalimat tersebut tidak keluar begitu saja, sains pun mencoba membuktikannya. Dalam sebuah makalah baru, para peneliti dari AS dan Hongaria menggunakan simulasi "fragmen 3D alami" dunia. Mereka menemukan bahwa sebagian besar faktornya memang sesuai, sehingga dapat disebut sebagai bentuk kubus.

Plato menghubungkan bumi dengan kubus. Melansir dari Popular Mechanics, keputusannya merujuk pada semua benda padat. Cara ini diangkat ke dalam sebuah karya oleh ahli geometri seperti Euclid. Gagasan "atom" pertama pun dalam pengertian modern berasal dari sesama filsuf Yunani bernama Democritus.

Plato menyebutnya padatan Platonis. Bentuknya berupa 3D biasa dengan sisi yang semuanya persegi, misalnya, atau segitiga sama sisi. Tak satu pun dari bentuk-bentuk ini tercipta begitu saja, dan tidak ada yang menemukan airr dalam bentuk kubus. Namun, banyak mineral secara alami terbentuk dalam kristal kubik, dan banyak batu secara alami pecah menjadi bentuk kubik.