Napak Tilas Perjuangan Perang Dipanagara di Sekitar Borobudur

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 23 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Sebuah lukisan karya G.B. Hooijer yang tampaknya mencoba menggambarkan para peziarah Borobudur. Candi ini juga menjadi saksi perjuangan Pangeran Dipanegara melawan kolonialisme Belanda di Jawa. (Tropenmuseum)

Nationalgeographic.co.id—Cakupan Perang Jawa yang dipimpin Pangeran Dipanagara begitu luas di sekitar Jawa Tengah hingga perbatasan Jawa Timur. Meski demikian, bukan berarti semua kawasan itu sempat disinggahi atau terdapat beberapa bentrokan dengan pemerintah kolonial yang dipimpin langsung olehnya.

Perang yang timbul atas kekesalan Pangeran Dipanagara atas sistem kolonial yang menindas, membuat beberapa pihak di turut membantunya. Salah satunya di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Melalui catatan Babad Dipanagaranya, ia merekam beberapa lokasi penting yang menjadi saksi perjuangannya.

Roni Sadewo, penggali sejarah otentik pangeran sekaligus keturunan dari Pangeran Dipanagara, menjelajahi beberapa tempat yang disebutkan dalam Babad. Dia memaparkan kisahnya dalam diskusi Jejak-jejak Sang Pangeran Diponegoro di Kawasan Borobudur yang diadakan Balai Konservasi Borobudur, Rabu (18/08/2021).