Penjelasan Sains Hantu: Mengapa Pengalaman Supranatural Biasa Terjadi

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 28 September 2021 | 18:00 WIB
Potret tampilan para hantu di happening art 'Kartu Pos untuk Kota; Mimpi Buruk untuk Haryadi'. (Dwi Oblo/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—“Ia memiliki tubuh kerangka, dikelilingi oleh aura putih yang kabur,” kenang Dom tentang sesosok bayangan bergegas melewati pintu. Sosok itu melayang dan sepertinya tidak memiliki wajah, demikian ungkapnya di laman Science News for Students.

Dom, yang lebih suka menggunakan nama depannya saja, sudah tertidur lelap. Baru berusia 15 tahun saat itu, dia panik dan menutup matanya. “Saya hanya melihatnya sebentar,” kenangnya. Sekarang, Dom adalah seorang dewasa muda yang tinggal di Inggris. Tapi dia masih ingat pengalaman itu dengan jelas.

Apakah sosok itu hantu? Dalam mitologi Amerika Serikat dan banyak budaya Barat lainnya, hantu atau roh adalah orang mati yang berinteraksi dengan dunia hidup. Dalam cerita, hantu mungkin berbisik atau mengerang, menyebabkan benda bergerak atau jatuh, mengacaukan elektronik—bahkan muncul sebagai sosok bayangan, buram, atau tembus pandang.