Mewaspadai Wabah Baru Akibat Zoonosis yang Rentan Terjadi di Masa Depan

By Fathia Yasmine, Rabu, 22 Desember 2021 | 18:55 WIB
Ilustrasi wabah zoonosis (Dok. Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id – Wabah akibat penyakit yang berasal dari hewan (zoonosis) rentan terjadi di setiap peradaban.

Selain mengancam kesehatan manusia, Penyakit infeksi baru (PIB) zoonosis pun perlu menjadi perhatian, karena dapat mengancam kesehatan global serta ketahanan pangan.

Perubahan iklim dapat menyebabkan perluasan dalam distribusi dan jangkauan zoonosis. Akibatnya, pangan manusia pun ikut terancam.

Fenomena ini menunjukan bahwa keseimbangan antara manusia, hewan, dan lingkungan memainkan peran penting dalam menjaga keberlangsungan kehidupan.

Baca Juga: Riwayat Temuan Manusia Katai di Flores yang Gegerkan Dunia Arkeologi

Mengingat wabah akibat zoonosis rentan menyerang di masa mendatang, manusia pun dituntut untuk siap menghadapi wabah serupa.

Guna memahami potensi risiko dan langkah penanganan PIB zoonosis, National Geographic bersama Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO), Kementerian Pertanian (Kementan), dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) menyelenggarakan webinar “Bincang Redaksi: Ancaman Pagebluk Baru terhadap Ketahanan Pangan Kita” pada Sabtu (27/11/2021).

Webinar menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai latar belakang, yakni Peneliti Lembaga Eijkman Prof Amin Soebandrio, Direktur Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nuryani Zainuddin, Co-Founder Tambora Muda dan Conservation Scientist Sheherazade, Editor in Chief National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim, dan Managing Editor National Geographic Indonesia Mahadis Yoanata Thamrin sebagai moderator.

Tantangan infeksi PIB zoonosis dipaparkan oleh Nuryani Zainuddin. Jika menilik sumber sejarah, kata Nuryani, penyakit infeksius baru (PIB) umumnya diakibatkan oleh zoonosis sehingga lebih sulit ditangani.

Baca Juga: Monyet-Monyet 'Balas Dendam' dengan Membantai '200 Anak Anjing'

Ia memaparkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan bahwa hampir 60 persen penyakit manusia berasal dari hewan atau zoonosis.

Sementara 75 persen penyakit yang menjadi wabah juga berasal dari hewan. CDC juga menemukan, dari lima persen penyakit baru yang menyerang manusia, tiga di antaranya bersumber pada hewan.