8 Hewan di Dunia Nyata dari Kisah <i>Fantastic Beast and Where to Find Them</i>

By , Sabtu, 26 November 2016 | 11:00 WIB

Dalam kisah Fantastic Beast and Where to Find Them, film terbaru yang dibuat berdasarkan serial Harry Potter karya J.K. Rowling, seorang penyihir bernama Newt Scamander telah berkeliling dunia, mempelajari dan mengumpulkan berbagai hewan gaib berbagai bentuk, ukuran dan deskripsi. Scamander harus membereskan berbagai kekacauan yang disebabkan oleh hewan-hewan gaib yang kabur dari koper ajaibnya.

Makhluk-makhluk dalam koper ajaib Scamander dan imajinasi Rowling mungkin sangat mengagumkan, tetapi dunia nyata juga tak kalah menakjubkannya. Hewan-hewan fantastis seperti Aragog si acromantula, Basilisk dan Niffler, ternyata juga ada di dunia nyata. 

Acromantula

Hewan dunia nyata: Tarantula (Famili: Theraphosidae)

Wilayah penyebaran: Seluruh dunia

Ukuran: panjang 12 cm, namun bisa mencapai 28 cm dengan kaki yang direntangkan

Status konservasi: Hampir Kritis

Dalam dunia sihir, acromantula merupakan laba-laba yang sangat besar. Mirip dengan tarantula, kelompok laba-laba yang terdiri dari lebih 850 spesies. Kesamaan antara fakta dan fiksi tentang makhluk ini sangat mencolok.

Dalam Fantastic Beasts and Where to Find Them, Scamander mendeskripsikan acromantula sebagai laba-laba berbulu hitam yang hidup di Kalimantan. Dalam dunia nyata, terdapat laba-laba berbulu hitam yang tinggal di Pulau Sangihe yang disebut Lampropelma nigerrium (pertama kali dideskripsikan secara ilmiah pada 1892). Pulau Sangihe terletak di bagian timur Pulau Kalimantan dan utara Pulau Sulawesi. Sama seperti Aragog di dalam novel Harry Potter, tarantula Australia dapat “berbicara” dengan menggesekkan rahang bertaring mereka untuk menghasilkan suara desisan.

Tetapi kedua spesies tarantula tersebut bukanlah yang terbesar. Rekor tarantula terbesar dipegang oleh Goliath pemakan burung dari Amerika Selatan (Theraphosa Blondi). Tarantula jenis ini bisa mencapai panjang 28 cm dan dapat memangsa burung-burung kecil, meski sebagian besar tarantula ini memangsa arthropoda.

Basilisk

Hewan dunia nyata: Titanoboa cerrejonensis

Wilayah penyebaran: Kolombia, 60 juta tahun lalu