Menangkap Keindahan Sunrise di Kawah Putih Ciwidey dengan Smartphone Photography

By Yussy Maulia, Jumat, 11 Maret 2022 | 12:09 WIB
Keindahan Kawah Putih Ciwidey yang diabadikan sebelum momen sunrise tiba. (Dok. Didi Kasim/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id – Sejak kamera disematkan pada ponsel pintar atau smartphone, anggapan bahwa fotografi hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kamera profesional sudah tidak relevan lagi.

Kini, dengan adanya fotografi ponsel (smartphone photography), siapa saja bisa menjadi fotografer andal. Terlebih, fitur-fitur pada kamera smartphone masa kini sudah semakin canggih dan beragam sehingga hasil jepretan tampak apik layaknya foto yang diambil dengan kamera profesional.

Bagi pejalan yang hobi mengeksplorasi destinasi wisata menarik, smartphone photography juga dapat menjadi andalan untuk merekam dan mengabadikan setiap momen di perjalanan dengan cepat dan praktis.

Hal itulah yang dirasakan oleh Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia, ketika berkunjung ke kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, Jawa Barat, dalam program Nawa Cahaya: Capture the Unique Lights in Indonesia.

Baca Juga: Mengintip Perjalanan Menangkap Api Abadi di Kayangan Api Bojonegoro

Berbekal smartphone realme 9 Pro+, Didi berhasil mengabadikan keindahan Kawah Putih Ciwidey sebelum momen matahari terbit (sunrise) tiba. Ia pun mengaku cukup puas dengan pengalaman mencoba smartphone photography menggunakan smartphone tersebut.

Smartphone photography telah menciptakan kedekatan kita dengan obyek, entah itu alam atau manusia. Rasanya, tembok atau barrier yang menghalangi kita dengan obyek menghilang dengan hadirnya smartphone photography,” ungkap Didi saat berbincang dengan tim National Geographic Indonesia, Rabu (2/3/2022).

Sebagai informasi, Kawah Putih Ciwidey yang dikunjungi oleh Didi berlokasi di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Bagi masyarakat yang tinggal di area Bandung, Jabodetabek, dan sekitarnya, kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Bahkan, kawah tersebut juga kerap disebut dalam daftar rekomendasi wisata populer di Jawa Barat.

Baca Juga: Mengabadikan Pendar Senja di Air Terjun Toroan

Meski bukan termasuk destinasi wisata baru, daya tarik Kawah Putih Ciwidey tidak pernah luntur. Pemandangan kawah berwarna putih kehijauan dengan kabut yang mengepul di atasnya, serta pepohonan rindang di sekeliling kawah, menjadikan tempat ini seperti surga tersembunyi yang terpisah dari wilayah sekitarnya.

Keindahan Kawah Putih Ciwidey dapat dinikmati kapan saja. Namun, Didi menuturkan, apabila ingin mengabadikan pemandangan kawah yang lebih memukau, pagi hari sebelum sunrise dapat menjadi momen yang tepat.