Dampak Perubahan Iklim: Risiko Kebakaran Hutan Meningkat Secara Global

By Wawan Setiawan, Minggu, 3 Juli 2022 | 08:00 WIB
Kebakaran hutan yang melanda Prancis selatan pada tahun 2016 memaksa lebih dari seribu orang meninggalkan rumah mereka. (Getty Images/AFP/B.Horvat)

Nationalgeographic.co.id - Penelitian baru menyoroti bagaimana risiko kebakaran hutan meningkat secara global akibat perubahan iklim. Penelitian ini juga mempelajari bagaimana tindakan dan kebijakan manusia dapat memainkan peran penting dalam mengatur dampak regional.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti internasional yang dipimpin oleh University of East Anglia (UEA) di Inggris, menunjukkan bahwa perubahan iklim antropogenik adalah faktor 'dorongan' yang meningkatkan risiko kebakaran hutan secara global.

‘Cuaca kebakaran’ adalah kondisi panas kering yang kondusif untuk kebakaran hutan. Kondisi ini meningkat di bawah perubahan iklim, sehingga meningkatkan risiko kebakaran hutan besar dengan membuat lanskap lebih rentan terbakar. Dampak perubahan iklim terhadap risiko kebakaran diperkirakan akan meningkat di masa depan, dengan setiap tingkat tambahan membawa peningkatan risiko kebakaran hutan.

Model iklim menunjukkan bahwa di beberapa wilayah dunia, misalnya Mediterania dan Amazonia, frekuensi kondisi cuaca kebakaran pada periode modern belum pernah terjadi sebelumnya dibandingkan dengan iklim historis baru-baru ini, karena pemanasan global yang disebabkan oleh manusia sekitar 1,1 °C.

Lebih penting lagi, ini akan terjadi di hampir semua wilayah dunia jika suhu global mencapai pemanasan 2-3 °C sesuai lintasan saat ini.

Hasil studi yang diterbitkan di jurnal Review of Geophysics pada 11 April 2022 berjudul "Global and Regional Trends and Drivers of Fire Under Climate Change", melibatkan ilmuwan dari UEA, Swansea University, University of Exeter dan Met Office di Inggris, CSIRO Climate Science Centre di Australia, bersama dengan rekan-rekan dari AS, Jerman, Spanyol dan Belanda.

kebakaran hutan besar-besaran saat kemarau. (DmitryNautilus)

Studi ini mengeksplorasi hubungan antara tren kebakaran—masa lalu, sekarang, dan masa depan—dan berbagai kontrol pada aktivitas kebakaran, termasuk iklim, juga aktivitas manusia, penggunaan lahan, dan perubahan produktivitas vegetasi yang berdampak penting pada penyalaan kebakaran hutan serta penyebaran mereka di seluruh lanskap.

"Kebakaran hutan dapat memiliki dampak merugikan yang besar pada masyarakat, ekonomi, kesehatan dan mata pencaharian manusia, keanekaragaman hayati dan penyimpanan karbon. Dampak ini umumnya diperbesar dalam kasus ini dari kebakaran hutan.” Kata Dr Matthew Jones, penulis utama dari Tyndall Center for Climate Change Research di UEA.

 Baca Juga: Kebakaran Deforestasi Indonesia Sumbang 7% Emisi Gas Rumah Kaca Dunia

 Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Polusi Perkotaan Memproduksi Ozon Beracun

 Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Perubahan Iklim Memicu Kebakaran di Berbagai Negara