Pikir-Pikir Dulu Sebelum Pergi ke Ruang Angkasa, Ada Radiasi Berbahaya

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 20 Oktober 2022 | 08:00 WIB
Radiasi luar angkasa bisa berbahaya bagi manusia. Mungkin sebaiknya para pebisnis perjalanan luar angkasa memikirkan keselamatannya. (Stock image)

Nationalgeographic.co.id - Berkat munculnya perusahaan-perusahaan swasta antariksa, perjalanan wisata ke luar angkasa memungkinkan. Mereka menawarkan paket wisata dengan harga yang masih sangat mahal seperti oleh SpaceX dan Virgin Galactic.

Meski demikian, wisata antariksa punya banyak kontroversi. Selama ini masalah emisi yang dihasilkan oleh teknologi penerbangan ke luar angkasa. Belakangan, para ilmuwan memprediksi dampak buruk penerbangan luar angkasa di masa depan yang menghantui bisnis ini.

Dampak itu muncul dari radiasi. Sudah lama diketahui bahwa radiasi ruang angkasa bisa berbahaya bagi makhluk hidup Bumi. Itu sebabnya, astronaut yang melakukan misi dan penelitian di ruang angkasa perlu memakai kostum dan helm. Belum lagi ada banyak materi kosmik yang tak kasatmata.

Saat ini orang-orang biasa bisa melakukan perjalanan di luar angkasa. Bahkan, kelak, bukanlah hal yang mustahil untuk adanya penerbangan berawak jangka panjang ke beberapa tempat di luar angkasa seperti Bulan dan Mars. Akan tetapi, radiasi luar angkasa bisa menjadi faktor alasan eksplorasi berawak terbatas.

Para ilmuwan telah melakukan penelitian intensif untuk mengukur dosis fisik radiasi ruang angkasa untuk lebih memahami efeknya pada tubuh manusia.

Pengetahuan soal dampak buruk radiasi ruang angkasa telah lama diuji. Namun, eksperimen mengenainya dilakukan di darat sehingga tidak memiliki hasil pasti. Padahal luar angkasa memiliki radiasi dari berbagai jenis partikel dan energi berbeda. Sedangkan astronaut terus menerus terpapar berbagai macam cahaya dosis rendah.

Makanya, penelitian terbaru mencoba mencari tahu terkait bahaya radiasi dari lingkungan yang sebenarnya. Sebuah studi terbaru oleh para peneliti lintas negara mengungkapkannya lewat percobaan jangka panjang di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sel induk embrionik tikus beku diluncurkan dari tanah ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, disimpan untuk jangka waktu yang lama, ditemukan di tanah, dan diperiksa untuk penyimpangan kromosom. (Takashi Morita/OMU)

Lewat studi mereka, tim melakukan pengukuran langsung dari efek biologis radiasi ruang angkasa dengan meluncurkan sel induk embrionik tikus beku dari Stasiun. Penelitian itu dipublikasikan di jurnal Heliyon pada 18 Agustus 2022. Makalahnya berjudul "Comparison of biological measurement and physical estimates of space radiation in the International Space Station."

Sel itu dilepaskan ke radiasi ruang angkasa selama lebih dari empat tahun dan mengukur efek biologisnya dengan pemeriksaan aberasi kromosom. Hasil dari pengamatan mereka, ternyata, menunjukkan efek biologis yang sangat nyata dari radiasi ruang angkasa yang sangat berbahaya bagi fisik.

 Baca Juga: Rusia Ajak Turis Lakukan Perjalanan ke Luar Angkasa Pada 2023

 Baca Juga: Peluncuran Bersejarah Crew Dragon Menjadi Acara Daring NASA yang Paling Banyak Ditonton