Telisik Sepeda Pertama di Dunia Karya Karl von Drais Tahun 1817

By Galih Pranata, Minggu, 12 Februari 2023 | 11:00 WIB
Karl von Drais mengembangkan sepeda lari atau velocipede yang ia kembangkan pada tahun 1817 dan diklaim sebagai sepeda pertama. (ullstein bild Dtl.)

Nationalgeographic.co.id— Melihat semakin canggihnya sepeda motor belakangan ini, tentunya melalui sejumlah pijakan besar yang menghantarkannya ke kemutakhiran. Saya terpantik untuk menelaah bagaimana kemunculan sepeda di awal penemuannya.

Diperkirakan bahwa sepeda pertama kali muncul sekitar tahun 1800-an. Sejak ditemukan pertama kali, tentunya sepeda awal itu akan terlihat sangat berbeda dengan yang kita kenal sekarang.

"Sepeda pertama ditemukan pada tahun 1817 oleh orang Jerman, Karl von Drais," tulis Rose Barfield kepada Bricsys dalam artikel berjudul "The first bicycles" yang diterbitkan pada 15 Juli 2019.

Sebelumnya di tahun 1790, sepeda pertama, ' Celerifere ', ditemukan oleh seorang Prancis bernama Comte Mede de Sivrac. Sepeda yang ditemukan oleh Sivrac itu benar-benar terbuat dari kayu.

Moda roda dua ini sebenarnya hanyalah platform kayu yang ditambahkan kedua roda di antara sisinya, tanpa pedal, persneling, atau kemudi. Hal itu membuat keberadaannya diragukan, dan banyak yang mengatakan bahwa itu mungkin tipuan.

Baron Karl von Drais de Sauerbrun atau dikenal juga dengan Karl Friedrich Christian Ludwig Freiherr Drais von Sauerbronn—nama lengkap Karl von Drais—kemudian memperkenalkan moda transportasi kecil roda dua berkemudi setang.

Ia memberikan setang khusus dalam rangkaian sepeda. Hal ini dapat sangat membantu "sehingga pengemudi dapat menentukan arah laju sepedanya hingga ia diklaim sebagai penemu sepeda pertama," terusnya.

Baca Juga: Kini Jadi Tren di Masa Pandemi, Dahulu Sepeda Pernah Mengubah Dunia

Baca Juga: Kelokan dan Keelokan Nusa Bunga

Baca Juga: Pada Zaman Dulu, Sepeda, Becak dan Gerobak Dikenakan Pajak Kendaraan

Penambahan lingkar kemudi memungkinkan pengendara untuk duduk dengan posisi tegak, sehingga lebih nyaman dalam mengemudikan sepeda klasik ala Karl von Drais.

Karl von Drais menciptakan penemuan yang paling populer di antara temuan lainnya dan dikenal luas. Ia memasukkan prinsip kendaraan roda dua yang mendasar bagi sepeda dan sepeda motor dan menjadi awal dari transportasi pribadi mekanik.