Dunia Hewan: Serigala Timur Berevolusi Terpisah dari Serigala Abu-Abu

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 15 April 2023 | 12:00 WIB
Secara khusus, serigala timur telah menjadi subjek perselisihan besar. (Wolf Centre)

Nationalgeographic.co.id - Evolusi serigala Amerika Utara telah menjadi bahan perdebatan di antara ahli konservasi dan ahli taksonomi, secara khusus serigala timur telah menjadi subjek perselisihan besar. Namun kini sebuah makalah baru yang diterbitkan oleh Oxford University Press memberikan bukti baru.

Hasil analisis baru oleh Oxford University Press itu telah diterbitkan di Molecular Biology and Evolution belum lama ini. Makalah tersebut dipublikasikan dengan judul "Tracing Eastern Wolf Origins From Whole-Genome Data in Context of Extensive Hybridization."

Temuan mereka memberikan bukti baru yang menarik tentang evolusi serigala Amerika Utara, secara khusus serigala timur yang berasal dari utara Amerika atau Kanada Tenggara.

Kanada Tenggara adalah rumah bagi populasi serigala dan coyote atau serigala prairi yang asal-usul dan hubungan genetiknya telah lama membingungkan para ilmuwan.

Kanada Tenggara dihuni oleh campuran hibridisasi canid mirip serigala, menimbulkan pertanyaan mendasar mengenai taksonomi, asal-usul, dan waktu peristiwa hibridisasi mereka.

Serigala timur (Canis lycaon), khususnya, telah menjadi subjek kontroversi yang signifikan, dipandang sebagai entitas taksonomi yang berbeda dari perhatian konservasi.

Secara khusus, serigala timur telah menjadi subjek perselisihan besar, dan masih belum diketahui apakah canid, keluarga dalam ordo karnivora ini mewakili spesies yang berbeda.

Atau apakah mereka adalah hasil hibridisasi baru-baru ini antara coyote atau serigala prairi dan serigala abu-abu. Seperti misalnya hibrida coyote (C. latrans) dan serigala abu-abu (C. lupus) baru-baru ini.

Canidae adalah keluarga dalam ordo karnivora, yang anggotanya termasuk berbagai jenis hewan seperti anjing, serigala dan hewan lain yang mirip. Keluarga hewan Canidae juga termasuk anjing hutan, rubah, serigala, serigala, dan anjing peliharaan.

Di Kanada, serigala timur (juga dikenal sebagai serigala kayu timur atau serigala Algonquin) telah diakui oleh beberapa orang sebagai spesies berbeda berdasarkan studi genetik dan perilaku.

Serigala timur terdaftar sebagai "Special Concern" di Kanada di bawah Undang-Undang Species at Risk federal (COSEWIC 2015) dan "Terancam" di Ontario di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah provinsi (COSSARO 2016).

Meskipun serigala timur telah diakui sebagai spesies terpisah dari coyote atau serigala prairi dan serigala abu-abu di Kanada, mereka saat ini dikelola sebagai satu spesies bersama dengan serigala prairi timur dan serigala Great Lakes di seluruh wilayah jelajah utamanya.