Simbol Kesuburan, Ini Peran Dewi Heqet dalam Sejarah Mesir Kuno

By Sysilia Tanhati, Rabu, 9 Agustus 2023 | 12:34 WIB
Dalam sejarah Mesir kuno, dewi Heqet menjadi simbol kesuburan dan persalinan. Pemujaan Heqet berlangsung selama berabad-abad. (Roland Unger)

Nationalgeographic.co.id—Dalam sejarah Mesir kuno, Dewi Heqet menjadi simbol kesuburan dan persalinan. Pemujaan Heqet berlangsung selama berabad-abad, dari Kerajaan Lama hingga periode Ptolemeus. Hal ini disebabkan karena pengaruhnya terhadap kesuburan, pertanian, dan praktik penguburan.

Sebagai salah satu dewa paling populer di Mesir kuno, Heqet dipuja oleh mereka yang menginginkan perlindungan selama kehamilan.

Asal-usul Heqet yang misterius dalam sejarah Mesir kuno

Asal-usul Heqet sebagai dewi agak kabur. “Tidak ada konsensus yang jelas di antara para sarjana tentang bagaimana dia pertama kali disembah,” tulis Lex Leigh di laman Ancient Origins.

Namun, ada beberapa teori berdasarkan bukti yang tersedia.

Heqet mungkin anggota kosmologi Heliopolitan, mitos penciptaan yang terkait dengan kota Heliopolis dalam sejarah Mesir kuno. Di sini, Heqet adalah salah satu dari delapan dewa yang membantu menciptakan dunia.

Teori lain menunjukkan bahwa Heqet mungkin dikaitkan dengan Ogdoad, sekelompok dewa primordial yang terkait dengan kekacauan. Di Ogdoad, Heqet sendiri berfungsi sebagai simbol kesuburan dan keteraturan.

Terlepas dari asal-usulnya yang sebenarnya, Heqet dengan cepat mendapatkan pengikut yang berdedikasi sepanjang sejarah Mesir kuno.

Persatuan Heqet dan Khnum yang suci dan subur

Di ranah mitologi Mesir kuno, mitra Heqet dalam penciptaan tidak lain adalah Khnum. Dewa Khnum adalah dewa penciptaan dan Sungai Nil.

Persatuan mereka dianggap sakral, mewakili kekuatan alam yang kuat dan kreatif yang mengarah pada penciptaan kehidupan baru.

Menurut catatan mitologis, pernikahan Heqet dan Khnum adalah peristiwa besar yang dihadiri oleh semua dewa dan dewi Mesir. Upacara diadakan di Mansion of Heqet, sebuah kuil yang didedikasikan untuknya yang terletak di Kota Qus.