Gaspee Affair, Kontroversi Terbesar Penjajah Amerika di Sejarah Dunia

By Ricky Jenihansen, Jumat, 17 November 2023 | 07:00 WIB
Sekelompok penjajah Amerika menyerang kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Gaspee. (New York Public Library)

Nationalgeographic.co.idGaspee Affair atau peristiwa Gaspee adalah kontroversi terbesar penjajah Amerika dalam sejarah dunia.

Peristiwa Gaspee adalah insisden yang terjadi pada 10 Juni 1772, ketika wilayah penjajah Amerika masih terbagi dalam 13 koloni di bawah Kerajaan Inggris.

Peristiwa itu berawal dari sekelompok penjajah Amerika dari Rhode Island. Penjajah Amerika menyita dan membakar kapal HMS Gaspee milik Royal Navy setelah kapal itu terdampar.

Peristiwa penting dalam sejarah dunia ini berkontribusi pada memburuknya hubungan antara Kerajaan Inggris dan penjajah Amerika.

Pada tahap awal Revolusi Amerika (1765-1789), Amerika dibagi dalam Tiga Belas Koloni.

Pada saat ketegangan antara penjajah Amerika dan pejabat Kerajaan Inggris semakin tinggi setelah Pembantaian Boston, sebuah kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris dengan 8 senjata yaitu HMS Gaspee terdampar.

Kapal itu terdampat saat mengejar kapal penjajah Amerika di lepas pantai Warwick, Rhode Island.

HMS Gaspee telah ditugaskan untuk mencari barang-barang selundupan di kapal-kapal penjajah Amerika, tetapi sering dinilai terlalu berlebihan.

Karena sangat ingin membalas, sekelompok penjajah Amerika dari Rhode Island yang terkait dengan Sons of Liberty mendayung menuju kapal yang terperangkap di dini hari, pada tanggal 10 Juni 1772.

Setelah melukai seorang perwira angkatan laut dan menawan awak kapal, para penjajah Amerika membakar Gaspee dan berlayar kembali ke pantai.

Meskipun identitas para pelakunya sudah diketahui, para pejabat Inggris tidak dapat memperoleh bukti atau kesaksian yang memberatkan mereka.

Pada akhirnya tidak ada penangkapan yang dilakukan terhadap sekelompok penjajah Amerika tersebut.