Dunia Hewan: 'Atraksi' Kambing yang Bisa Memanjat Pohon di Maroko

By Sysilia Tanhati, Selasa, 18 Juni 2024 | 14:00 WIB
Kambing yang memanjat pohon argan menjadi salah satu atraksi bagi turis di Maroko. (Elena Tatiana Chis/CC BY-SA 4.0)

Nationalgeographic.co.id—Saat berpetualang, Anda mungkin menemukan berbagai jenis hewan menarik melakukan hal-hal tak terduga. Salah satunya adalah kambing di Maroko yang punya keahlian untuk memanjat pohon.

Kambing pemanjat pohon di Maroko ini pun menarik para wisatawan untuk datang berkunjung. Namun mengapa kambing-kambing itu memanjat pohon? Apakah untuk atraksi wisata belaka?

Mengapa kambing Maroko memanjat pohon?

Saat melakukan perjalanan di Maroko, Anda mungkin melihat sekilas beberapa kambing yang berdiri di dahan pohon argan. Mereka memakan buah-buah yang ada di pohon tersebut. Pohon argan berduri, sehingga banyak makhluk tidak mau mengambil risiko memanjatnya.

“Namun kambing-kambing unik ini rela menembus duri-duri demi menikmati buah argan,” tulis Rita Juanita Pike di laman Travel Awaits.

Sumber makanan alami untuk hewan di Maroko sangat sedikit. Hal ini membuat kambing-kambing sangat bertekad untuk mendapatkan makan malam lezat. Awalnya, mereka akan memakan buah yang berada di dahan yang rendah. Bila habis, kambing-kambing tersebut pun melompat ke dahan dan memakan apa pun yang tersedia.

Kambing juga dapat ditemukan memanjat pohon di daerah lain yang memiliki pohon argan, seperti Aljazair dan Tunisia. Kambing ini tertarik pada buah pohon argan. Untungnya, perilaku memanjat itu membantu penyebaran benih, sehingga membantu reproduksi pohon argan

Pohon argan di Maroko

“Pohon argan merupakan pohon prasejarah yang hanya tumbuh di wilayah tertentu di Maroko seperti Essaouira,” tambah Pike. Sebagian besar tanaman tidak dapat bertahan hidup di iklim gurun yang keras. Tapi pohon argan cukup kuat untuk bertahan di iklim Sahara yang panas.

Di Maroko, kambing memanjat pohon argan dan menikmati buahnya. Biji buah argan yang dimuntahkan atau dikeluarkan oleh kambing kemudian diolah. (Wikipedia)

Saat ini, pohon Argan sangat terancam dan menjadi fokus kampanye perlindungan. Penduduk setempat telah menebang sebagian besar hutan, termasuk pohon argan. Di sisi lain, pohon argan sangat berharga bagi perekonomian Maroko.

Baca Juga: Dunia Hewan: Bagaimana Kita Dapat Memamahami Perasaan Mereka?