Sejarah Dunia: Fakta Seputar Kehidupan Fantastis Raja Kokain Pablo Escobar

By Sysilia Tanhati, Minggu, 23 Juni 2024 | 10:00 WIB
Lebih dari tiga dekade setelah kematiannya, Pablo Escobar tetap terkenal seperti saat ia berada di masa kejayaannya. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Lebih dari tiga dekade setelah kematiannya, Pablo Escobar tetap terkenal seperti saat ia berada di masa kejayaannya. Keterikatannya dalam budaya populer sebagian besar berkat buku, film, dan lagu yang tak terhitung jumlahnya.

Berikut beberapa fakta tentang kehidupan yang luar biasa dari sang raja kokain Pablo Escobar.

Putra petani yang menggapai kekuasaan

“Escobar, putra seorang petani dan guru sekolah, memulai kehidupan kriminalnya saat masih remaja,” tulis Amy Tikkanen di laman Britannica.

Menurut beberapa laporan, skema ilegal pertamanya adalah menjual ijazah palsu. Dia kemudian melakukan pemalsuan rapor sebelum menyelundupkan peralatan stereo dan mencuri batu nisan untuk dijual kembali.

Escobar juga mencuri mobil dan pelanggaran inilah yang mengakibatkan penangkapan pertamanya pada tahun 1974. Tak lama kemudian, ia menjadi penyelundup narkoba.

Pada pertengahan tahun 1970-an ia membantu mendirikan organisasi kejahatan yang kemudian berkembang menjadi kartel Medellin.

Mucho dinero

Pada puncak kekuasaannya, kartel Medellin mendominasi perdagangan kokain, menghasilkan sekitar AS$420 juta per minggu. “Prestasi” itu menjadikan pemimpinnya salah satu orang terkaya di dunia.

Dengan kekayaan yang dilaporkan sebesar AS$25 miliar, Escobar mempunyai banyak uang untuk dibelanjakan. Gaya hidupnya yang mewah termasuk pesawat pribadi, rumah mewah, dan pesta mewah.

Pada akhir tahun 1980-an, dia memberikan penawaran untuk membayar utang negaranya sebesar AS$10 miliar. Namun hal itu akan dilakukan dengan satu syarat: dia dibebaskan dari perjanjian ekstradisi.

Baca Juga: La Catedral, Penjara Mewah yang Dirancang Khusus untuk Raja Kokain Pablo Escobar