Seperti Apa Persamaan dan Perbedaan Mitologi Yunani dan Romawi?

By Ade S, Jumat, 12 Juli 2024 | 14:03 WIB
Zeus dan Jupiter. Pelajari perbedaan mitologi Yunani dan Romawi, termasuk kepribadian dewa, cerita asal-usul, dan pandangan terhadap manusia. Temukan persamaannya juga! (Marie-Lan Nguyen dan Jean-Pol GRANDMONT)

Nationalgeographic.co.id—Mitologi Yunani dan Romawi, dua pilar peradaban kuno, penuh dengan kisah para dewa, pahlawan, dan monster yang fantastis.

Meskipun sama-sama menarik, terdapat perbedaan mendasar antara kedua mitologi ini, mulai dari kepribadian dewa-dewi hingga cerita asal-usul dan pandangan terhadap manusia.

Perbedaan mitologi Yunani dan Romawi ini tidak hanya menarik untuk dipelajari, tetapi juga memberikan wawasan tentang nilai-nilai dan keyakinan yang dipegang oleh masyarakat Yunani dan Romawi kuno.

Dalam artikel ini, kita akan menyelami perbedaan-perbedaan tersebut dan melihat bagaimana mitologi Yunani dan Romawi mencerminkan budaya dan sejarah masing-masing.

Penasaran dengan kisah-kisah para dewa Yunani dan Romawi? Mari kita telusuri lebih dalam perbedaan-perbedaan dan persamaan yang menarik dalam mitologi kedua peradaban kuno ini.

Romawi menjajah sekaligus "dijajah" Yunani

Meskipun garis waktunya tidak sepenuhnya konkret, mitologi Yunani berasal dari tradisi lisan yang kaya yang akhirnya dituliskan dalam Iliad dan Odyssey karya Homerus serta Theogony karya Hesiodus pada abad ke-8 SM.

Pada saat kota Roma didirikan pada abad yang sama, banyak kota-kota Yunani sudah mapan.

Hal inilah yang membuat penyair Romawi Horace, seperti dilansir dari laman The Collector, menulis, “Yunani yang tertawan, pada gilirannya, menaklukkan penakluknya yang biadab, dan membawa seni ke Latium yang pedesaan.”

Namun, pengaruh Yunani tidak hanya terbatas pada seni. Agama dan mitologi Yunani juga memengaruhi Roma, meskipun proses ini tidak terjadi dalam semalam.

Sebelum pertempuran Actium pada tahun 32 SM, pengaruh Yunani sudah ada di Roma. Mesir Ptolemaik, yang merupakan benteng terakhir dunia Yunani, jatuh ke tangan Romawi pada saat itu.

Baca Juga: 11 Makhluk Mitologi Yunani, dari Paling Menakjubkan hingga Paling Mengerikan