Nasib Malang Para Dewi Mitologi Yunani yang Harus Tunduk pada Zeus

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 24 Agustus 2024 | 12:00 WIB
Dewi-Dewi mitologi Yunani, meskipun memiliki keabadian dan kekuatan, sering kali tunduk pada para dewa. Mereka kadang dilarang mewujudkan kekuatannya sendiri. (Walter Crane)

Nationalgeographic.co.id—Tidak diragukan lagi, wanita di Yunani kuno sering tertindas. Namun, yang tidak disadari kebanyakan orang adalah bahwa para dewi mitologi Yunani juga mengalami hal yang sama.

Lihat saja bagaimana Aphrodite, dewi cinta, terjebak dalam pernikahan tanpa cinta, Athena, dewi paling bijak, selalu tunduk pada Zeus, serta Hera, dewi pernikahan, menikah dengan pezina berantai terburuk dalam mitologi Yunani.

Hera, dewi pernikahan yang memiliki pernikahan yang buruk dengan Dewa Zeus

Hera adalah Ratu Olympus. Posisinya melampaui semua dewi mitologi Yunani lainnya dan sebagian besar dewa lainnya. Sebagai dewi pernikahan, Hera adalah salah satu dewi yang paling disembah.

"Ia dihormati di Yunani kuno untuk waktu yang sangat lama,” tulis Bethany Williams di laman The Collector.

Di sepanjang pernikahan, orang-orang secara teratur berdoa kepada Hera untuk perlindungan dan bimbingannya.

Kisah Hera dimulai dengan pernikahan paksanya dengan Zeus. Dalam mitologi Yunani, Hera berulang kali menolak ajakan Zeus dan menolak untuk menikah dengannya. Namun, Zeus tidak kenal lelah dan mengabaikan penolakannya.

Akhirnya, ia mengubah dirinya menjadi burung kukuk dan memanggil badai petir yang hebat. Ia berpura-pura menjadi burung kecil yang terluka dan tak berdaya, yang terancam oleh cuaca yang keras. Hera melihat burung itu dalam kesulitan dan memeluknya.

Memanfaatkan kedekatannya, Zeus kemudian berubah kembali ke bentuk dewa aslinya dan memerkosanya. Hera, yang malu atas pelanggaran itu, setuju untuk menikahi Zeus.

Peristiwa itu adalah fondasi yang sangat tidak stabil untuk pernikahan mereka. Sejak saat itu, nafsu Zeus dan kecemburuan Hera menyebabkan masalah yang tak terhitung bagi mereka berdua.

Gelar Hera sebagai dewi pernikahan terus-menerus dicemooh oleh Zeus dalam perselingkuhannya yang tak terhitung jumlahnya.

Baca Juga: Salah Kaprah Citra Wanita 'Mematikan' dalam Mitologi Yunani