Kisah Para Wanita Rupawan yang Menjebak Odysseus di Mitologi Yunani

By Sysilia Tanhati, Sabtu, 14 September 2024 | 18:00 WIB
Dalam pelayaran dari Troya ke Ithaca, Odysseus bertemu dengan Circe, Siren, dan Calypso. Para wanita mitologi Yunani itu cantik tapi mematikan. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Selama pelayaran panjangnya dari Troya ke Ithaca, Odysseus bertemu dengan banyak monster dan makhluk mitologi Yunani. Dari semua itu, yang paling membahayakan adalah para wanita rupawan yang mematikan.

Ada Circe, Siren, dan Calypso. Cantik namun berbahaya, para wanita itu terbukti menjadi rintangan yang sulit dan menakutkan bagi perjalanan pulang Odysseus.

Penyihir Circe

Setelah melarikan diri dari pulau Laestrygonians, Odysseus dan krunya menemukan Aeaea dan rumah Circe. Dalam mitologi Yunani, Circe disebut-sebut sebagai penyihir sekaligus bidadari. Circe memiliki pengetahuan luas tentang ramuan dan tanaman herbal.

Odysseus dan separuh krunya tetap tinggal bersama kapal-kapal sementara yang lain pergi mencari Aeaea. Regu pencari menemukan rumah Circe, yang digambarkan sebagai rumah besar di tanah lapang di tengah hutan lebat. Di sekeliling rumah ada singa dan serigala, yang awalnya membuat takut kru.

Namun, mereka menyadari betapa jinaknya binatang buas itu. Kemudian diketahui bahwa hewan buas tersebut adalah korban Circe yang sebelumnya diberi obat bius dan ramuannya.

Di rumah Circe, kru Odysseus disambut sebagai tamu. Sebagai tuan rumah, Circe memberi mereka keju dan madu yang telah diberi ramuan. Setelah menikmati suguhan, kru Odysseus berubah menjadi babi.

Ada satu kru yang tidak berubah jadi babi dan berhasil melarikan diri. Ia memperingatkan Odysseus dan separuh kru lainnya tentang apa yang telah terjadi.

Odysseus memberanikan diri ke rumah Circe untuk menyelamatkan anak buahnya. Di tengah jalan, ia dihentikan oleh Dewa Hermes, yang dikirim oleh Athena. Hermes memberi tahu Odysseus tentang ramuan yang disebut moly yang akan melindunginya dari ramuan Circe.

Karena kebal terhadap ramuannya, Odysseus bertindak seolah-olah ia akan menyerangnya. Setelah itu, Circe mencoba membujuk Odysseus untuk tidur dengannya, yang dihindarinya, karena saran Hermes.

Setelah melakukan semua ini, Odysseus meyakinkan Circe untuk mengubah krunya kembali menjadi manusia dan membebaskan mereka.

Baca Juga: Siapa Saja Karakter Mitologi Yunani yang Muncul dalam Serial KAOS di Netflix?